sarahsechan_wishnutama

“Hei Abi! Sini deh”
“Opo mi?”
“Lihat niy!”
ternyata story teller yang cantik ini nunjukin ada video di youtube. ada wawancara mbak sarah sechan dan mas wishnutama CEO NET. di tengah-tengah sibuknya persiapan net 2.0 (2015). Ada yang menarik

Sarah sechan (S)
Wishnutama (W)

S : Mas Tama aku mau nanya sesuatu ya. silakan pilih disini aja! (menunjukkan beberapa kartu berisi pertanyaan)
W : Enggak. terserah deh. saya enggak mau.. saya enggak suka gambling soalnya
S : But Life is about gambling. No?
W : No No No. Life is about preparation!
S : Oh gitu ya? Tapi kita kan bisa prepare sebagaimana bagusnya tapi things can happen
W : Ya tapi opportunity selalu akan datang kapan aja.. kalau kita siap siy siap aja..

Keren ya guys. Mas Tama ini semacam men’s goal. ganteng, karismatik, leader yang baik, akrab dengan bawahan, pekerja keras, mau turun sendiri ke lapangan, paling gak bisa nolak kalau bawahannya minta cuti, inspiring, kaya, bertangan dingin, punya istri yang cantik, anak-anak yang kece.

Disini bukan mau mbicarain mas Tama sih. Tapi tentang kata-katanya itu. “Life is about preparation”. Ini mungkin terinpirasi dari kata-katanya Seneca (filsuf zaman Roma Kuno) “Luck is what happens when preparation meets opportunity” Keberuntungan tidak datang begitu saja. tapi melalui sebuah proses panjang.

Ronaldo, pas masih awal dulu di sporting Lisbon. bangun pagi lagsung lari2 ajam. lanjut latihan teknik sampai jam 12 siang. istirahat 2 jam lalu latihan lagi samapai malem. Hingga kini pun masih menyempatkan latihan 3-4 jam setiap hari termasuk sit up 3000x.

Ada lagi Owi-Butet peraih gold medal bulutangkis olimpiade 2016. mendekati Olimpiade latihan dari subuh sampai malem. seharian. berjuang mati-matian dengan porsi latihan 3x lipat dari biasanya. dibentak-bentak pelatih, kadang Yana sampai nangis nelfon ibunya, karena dia sudah lelah dan (mungkin) kangen rumah. No Pain No Gain. Sakit emang tapi kalo sudah merasakan manisnya keberhasilan semuanya menjadi terbayar. Karena tak ada juara yang muncul dengan tiba-tiba

Kalo di dunia pendidikan. aku punya temen niy emak 2 anak. kuliahnya seangkatan paling cepet. ternyata dia rutin belajar 3 jam per hari 21.00-00.00. istiqomah. setelah anak-anaknya tidur Dan disekolah selalu bawa laptop ketik-ketik paper di saat sela. Ini bener-bener power of emak-emak

Hmm jadi inget kata-katanya Thomas Alfa Edison “Genius is one percent inspiration, ninety nine percent perspiration”

Terus inget lagi kata-katanya Alif, tokoh utama di novel negeri 5 menara.

“Ada dua hal yang paling penting dalam mempersiapkan diri untuk sukses, yaitu going the extra miles. Tidak menyerah dengan rata-rata. Kalau orang belajar 1 jam, dia akan belajar 5 jam, kalau orang berlari 2 kilo, dia akan berlari 3 kilo. Kalau orang menyerah di detik ke 10, dia tidak akan menyerah sampai detik 20. Selalu berusaha meningkatkan diri lebih dari orang biasa”

Tentu kerja keras saja belum cukup. Kalau kata guru ngajiku. “Astu, setiap kerja keras harus diiringi dengan doa. doa itu pengubah nasib. terutama doa dari ibu yang telah mengandung dan melahirkan kita dengan penuh kepayahan, doa dari ayah yang bekerja keras memberi makan kita dengan rizki yang halal,  doa dari guru yang selalu yang walaupun lelah tetap bersemangat menerangi hati dan pikiran kita dengan ilmu yang bermanfaat. Doa dari orang-orang yang kita sayangi, yang kita tolong, yang kita lepaskan dari kesulitan”

Catatan @astumd 17 Desember 2016 (10:53)
Untuk Indonesia yang lebih baik dan bermartabat
http://www.astumd.wordpress.com

Advertisements