Di suatu sore..

Ami : Abi… Ami bisa enggak ya bikin buku cerita anak?
Abi : Hmm.. lagi enggak pede ya? Abi juga sering lho ngerasa kayak gitu.. hampir tiap hari malah hehe.. terutama pas sekolah kayak gini kalo lihat mbak intan, lihat mbak Blonde, lihat teman-teman yang sudah jauh menyelesaikan papernya.. sering berpikir begini.. Why i’m so stupid. mengapa langkahku lambat.. kayak kura-kura sementara yang lain berlari kencang kayak kelinci. bisa enggak ya kayak mereka? bisa enggak ya aku berhasil menyusul? Feeling like a small plants between the big trees. Tapi terus abi inget kata om Prie (Guru ngaji kita tiap jumat) bahwa kita tidak boleh membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Tolak ukur kita bukan orang lain tapi diri kita sendiri. sejauh mana kita memperbaiki diri. lebih baik dari hari kemarin seperti kata Nabi.
Ami : Iya. mungkin itu mengapa di Jepang gak ada sistem ranking. yang ada progress di setiap anak itu sendiri ya bi.
Abi : Yes. karena setiap orang punya jalannya sendiri-sendiri. kayak di dunia satwa. untuk mencapai suatu tempat misalnya. monyet bergelantungan, ikan berenang, undur-undur berjalan mundur, kelinci melompat, burung terbang. memang kecepatannya berbeda namun satu tujuan. Kita harus bisa mi menghargai keberhasilan-keberhasilan kecil yang sudah kita buat. misalnya niy udah khatam baca 1 buku, khatam bikin paper, khatam bikin feature, sukses bikin presentasi kecil, berhasil bikin tiramisu,  Karena itu lama-kelamaan akan memupuk rasa percaya diri kita. Learn to love yourself.. not lose yourself. Menghargai diri sendiri tanpa harus narsistik. setiap manusia itu istimewa. yang penting kita berusaha yang terbaik.
Ami : betuul.. ami pernah baca timeline nya mbak titie surya bilang gini “Kegagalan hanya akan terjadi jika kita mengizinkannya dengan tidak berusaha semaksimal mungkin. Just do your best. No excuse!!” makasih ya abi buat sarannya
Abi : Iya, sama-sama sayang. kita berjuang sama-sama. sekarang bikinin abi kopi ya!

sayup-sayup denger “hero” nya Mariah Carey

And then a hero comes along
With the strength to carry on
And you cast your fears aside
And you know you can survive
So when you feel like hope is gone
Look inside you and be strong
And you’ll finally see the truth
That a hero lies in you

Catatan @astumd (5 September 2016)
Spesial buat kawan-kawan yang mau midtest. Semangat! jangan kasih kendor!!