The Martians – Movie Review
image

• Adalah 5 sekawan Astu, Alex, Yusar, Blonde dan Rendy atau menamakan diri dengan “the Piyeks”,  berinisiatif untuk nonton film terbaru yang lagi booming. The Martian. Film Ini bercerita tentang Mark Witney astronot NASA, ahli botani yang terdampar karena badai pasir. Sendirian. Bahkan sudah dinyatakan mati. “Im not gonna die here!” Mark Witney lalu berjuang untuk bisa tetap survive menggunakan seluruh potensi yang ia miliki. Mulai dari menanam kentang, membuat air untuk irigasi, mencari cara untuk bisa berkomunikasi dengan bumi. Amazing stories. Ada yang bilang ini  Robinson crusoe versi mars. Gabungan cast away dan Apollo 13
• Film ini diangkat dari novel dari Andy Weir yang pada mulanya ia iseng-iseng nulis cerita ini di blognya. Lalu lambat laun akhirnya diterbitkan dalam bentuk buku pada tahun 2011. Mars adalah dewa perang versi romawi. Kalo versi yunani disebutnya Ares. Planet Mars berjarak dari bumi rata-rata 140 juta mil (56 juta km). Pesawat yang pertama kali mengorbit di mars (flyby) tahun 1964. Pertama landing adalah Viking 1 pada tahun 1975. Perjalanan dari bumi rata rata memakan waktu  200 hari. Yang menarik Akhir-akhir ini NASA menemukan bukti bahwa di Mars ada air yang mengalir musiman pada suhu yang lebih

Dan Kami Jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air, maka mengapa mereka tidak beriman?” (QS Al-Anbiya:30)

• The Moral Values dari film ini. Menjadi manusia tidak boleh putus asa sesulit apapun keadaan yang dialami. Gunakan seluruh potensi dan sumber daya yang kita miliki untuk bisa selalu survive. Seperti kata Mark Witney bahwa persoalan itu akan tetap ada. Do the math, perhitungkan baik-baik dan selesaikan persoalan satu persatu. Selalu problem solving.

There is a great difference between worry and concern. A Worried person sees a problem, and a concerned preson solve a problem (Harold Stephen)

“… dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir” (QS Yusuf:12)

• Summarized by @astu_MD (11 Oktober 2015)