How to be success in writing

Notes from writing exhibition discussion event with Mr. Iman Supriyono Management Books writer

  • ust-iman-supriyonoUntuk mengasah ketrampilan menulis, tulis saja 1 halaman setiap hari. tidak usah dikoreksi. Lalu Lihat kembali setelah 4 tahun. Jika dibandingkan tulisan yang terakhir akan jauh berbeda dengan tulisan yang pertama
  • Terus berlatih
  • Fokus pada satu hal. Penulis fokus di bidang manajemen. Ingin meniru Peter F Drucker yang menulis hingga usia lanjut. Bukunya yang terakhir terbit setahun setelah ia meninggal pada usia 95 tahun
  • Peran praktisi adalah setelah baca lalu praktik. Ilmuwan baca-praktik-tulis. Keduanya saling berkaitan
  • Ustadz iman suka dengan cara etnografi. Langsung terjun ke masyarakat bak Snouck Higronje . Riset mendalam lalu menulis walaupun dengan gaya yang lebih santai
  • Salah satu kesalahan adalah yang bekerja tidak belajar begitupun sebaliknya yang belajar tidak bekerja.
  • Buat saya marketing dan penjualan itu penting. Saya menghidupi keluarga saya dari buku. Dan saya memiliki prinsip anak2 saya harus sekolah di luar negeri. Anak pertama saya sekolah di Cina SMA di Johor
  • Tulis saja tidak perlu dikoreksi dulu saya menulis tentang apa saja setiap hari, jelek agar tidak bisa dibaca. Dengan bahasa Inggris
  • Menulis artikel bisa jadi test case tulisan kita apakah disukai pembaca atau tidak. Bisa di share di media sosial lalu lihat respon nya
  • Lakukan proses pembelajaran terus menerus
  • Tips Entrepreneur : Lakukan apa saja asal halal. Ibarat makanan bila ada rawon ya makan rawon ndak usah nyari pecel. Apa yang ada dilakukan asal menghasilkan dan tidak dosa. Saya pernah menjadi guru les privat, jual brem, tukang plitur. Santai saja yang penting jangan buang-buang waktu. Jangan ragu menjalani hidup. Pilih satu lalu jalani dengan serius
  • Judul itu cover. Tampak pintar kadang lebih laku daripada beneran pintar. Misalnya indomie rasa ayam lebih laku daripada ayam itu sendiri
  • Proses harus dilalui harus punya keyakinan. Seperti melatih mengucapkan huruf ‘R’ pertama harus yakin lalu berlatih dengan cara yang benar. Seperti meletakkan bibir ke gigi atas.
  • Saya mempunyai target setiap 1 setengah tahun menulis 1 buku. Tidak perlu sering-sering seperti BIMBO yang lagunya hits hingga sekarang. Kalo over publikasi akan kehilangan value nya
  • Miliki visi jangan ingin hanya menjadi kaya namun juga membangun visi besar membangun kekuatan umat. Kekuatan umat melalui buku2 manajemen yang saya tulis
  • Belajar lebih baik dengan guru . seperti kata hadits yang paling baik adalah yang belajar dan mengajarkan al Quran
  • Miliki disiplin diri. Saya lari 2x per minggu lari 10 km.
  • Shalat jamaah lalu berinfaq adalah salah satu melatih disiplin diri

@astu_MD