Catatan training Spiritual Motivation PPDS I IPD FK UNAIR/RSU dr.Soetomo

N. Faqih Syarif, S.Sos. Msi

Penulis buku Al-Quwwah Ar-Ruhiyah, kekuatan Spirit Tanpa Batas

  • Tulis nama Anda dengan tangan kanan 5x lalu masing-masing ditandaangani. Sekarang buat dengan tangan kiri. Beberapa ada yang belum mencoba sudah bilang “Gak bisa, Sulit!, Angel!” Ini namanya pikiran negatif.
  • 8 dari 10 orang Indonesia terkena penyakit ini. Negative taughts
  • Indonesia tuh yang lebih terkenal karena budaya korupsi dan jam karet nya daripada anak bangsa yang menang olimpiade
  • Penyakit ini abstrak sehingga sulit dibasmi. Unpredictable
  • Mengapa menulis dengan tangan kanan kita lebih baik karena kebiasaan. Ala bisa karena biasa. Dan segala bisikan itu masuk melalui ke telinga —- pikiran —- alam bawah sadar —- habit —- karakter
  • HIT. Hancurkan Penghalang. Hancurkan pikiran negatif
  • Setan itu tidak mau manusia itu mulia, hebat, maju dan punya keyakinan  maka ditanamkanlah keragu-raguan dan sifat menunda
  • Ada 27 cara untuk menghindarkan diri dari bisikan setan. Disini saya akan berikan 7

1.       Kenali Bisikan setan

  • Setan itu ada 2 macam. Setan dari golongan jin dan manusia. Kalo kita sendiri lalu berbuat buruk berarti itu dari golongan jin. Namun kalau kita bersama teman lalu teman itu bilang “wiih rajine, lapo se rajin-rajin?” itu berarti setan dari golongan manusia
  • Rasa jantuk dan omong sendiri saat kuliah/ceramah itu juga berasal dari setan
  • Jadi kenali. Kata Rasulullah SAW bisikan setan itu selalu mengajak kepada sesuatu yang buruk sedangkan malaikat sebaliknya
  • Bisikan setan termasuk menunda kebaikan.. “Nanti aja ah”
  • Setan masuk kepada pikiran-pikiran dokter yang lebih memntingkan kepentingan pabrik obat daripada kepentingan pasiennya
  • Kata bervirus [1] Tapi…. [2] Nanti…. [3] Sok Tahu
  • Kita itu selalu menunda, gak kayak laptop tekan tombol Enter langsung jalan
  • Banyak manusia yang hanya sekedar “ingin” tapi tidak mau melakukan. “Saya ini ingin pak sebetulnya keluar dari pekerjaan dan menjadi wiraswasta” tapi ya sudah dari dulu sampai sekarang hanya sebatas “ingin”
  • Niat bekerja itu ada 3. Yang pertama hanya sekedar “job” biasanya yang begini setiap senin pasti 80% stress dan mau weekend sueneng. Ada juga yang niatnya mencari karier. Tapi ini juga lemah. Yang paling hebat adalah bekerja karena mengikuti “panggilan jiwa” nya. Bekerja dengan penuh cinta. Karena ada nilai ibadah. Pekerjaan dokter itu ladang pahala karena membuat yang sakit menjadi sehat kembali
  • Doa yang paling jelek itu doanya tukang kubur. “Kok hari ini kok gak ada yang mati ya?”

2.       Berdoa, ucapkan Taawudz

  • Jika itu bisikan malaikat maka bersyukurlah. Tapi bila setan atau ajakan negative ucapkanlah audzubillahiminasshaitoonirrojiim.. (Aku berlindung dari godaan Setan yang terkutuk). Segera minta perlindungan. Atau ucapkan istighfar

3.       Berwudhu

  • Berwudhu, baca qur’an lalu shalat mutlaq 2 rakaat. Ada keluarga wawali yang bila ayahandanya akan marah ke keluarganya lalu ia ambil wudhu dan sholat. Jadi keluarganya hafal kalau ayahandanya bolak-balik sholat berarti ada yang membuat ia marah lalu mereka berusaha mengoreksi dirinya sendiri

4.       Tutup kedua telinga

  • Abaikan omongan teman yang menghambat kita untuk maju. Jadilah seperti katak tuli yang memanjat menara
  • Tinggikan kebermanfaatan kita. Khairunnaas lianfauhum linnaas. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lain
  • [peserta diabagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 disuruh mengucapkan impiannya di tahun 2013 sementara kelompok 2 berusaha menjatuhkan dengan kata-kata yang negative seperti “waah gak mungkin” “gak akan bisa!”

5. Berikan Afirmasi Positif. Saya Special, Saya Juara, Saya Pasti Bisa! Spesial karena sidik jari kita tidak ada yang sama. Juara karena saat pembuahan hanya ada 1  sperma yang berhasil membuahi setelah melewati berjuta rintangan. We Are limited edition. Produk yang sangat berharga. Berikan dong prestasi yang terbaik untuk Alloh. [peserta diberi waktu 10 menit dan radius 10 meter untuk mencari sesuatu yang unik, jarang, khas. Dan itu adalah diri kita sendiri]. Kita layak untuk prestasi terbaik

  • Penelitian. Saat kita masih anak-anak kita tersenyum hingga 400x/hari namun pada saat dewasa hanya 15x/hari. Kita menjadi pelit senyum. Padahal senyum itu memicu hormon-hormon bahagia seperti serotonin dan endorfin
  • Tips kalau lagi galau ada yang di kosnya tiba-tiba mengucapkan “Saya adalah special, Saya Adalah Juara!, Saya Pasti Bisa!” ; atau dia membayangkan membawa trofi pada saat ia pernah memenangkan juara LKTI. [memang ada baiknya di ruang kerja kita kita tempelkan foto-foto saat kita mengukir prestasi

6.       Alihkan Perhatian

  • Remehkan ajakan setan! Sepelekan dan anggap gak penting. Misal setan ngajak ngajak mabuk “Ah kamu bisa aja, becanda kamu” Setanpun nanti akan melongo heran hehe..

7. Lakukan sesuatu yang baik itu dengan 100%. Pesawat tidak akan tinggal landas sebelum mencapai kecepatan 284 km/jam. Bila kurang dari itu, 0 pesawat tidak akan tinggal landas.

  • [Tugas menuliskan 30 nikmat Alloh yang luar biasa dan layak untuk disyukuri]
  • [dibagi menjadi 6 kelompok diberi misi menyelamatkan telur dengan modal, balon, sedotan, cater, dan kertas HVS. Ada juga tugas perorangan dengan mewujudkan rasa syukur dengan menemui 5 orang pasien]
  • Untuk bisa membuat team solid. Maka visinya harus jelas, harus ada pemimpin. Tanamkan motto itu dalam-dalam di hati kita [setiap peserta disuruh untuk menghafalkan moto IPD dan mengucapkannya keras-keras “Menyelamatkan penderita dengan jujur dan dengan sikap SSPP (Sopan Santun Penuh Perhatian) adalah kewajiban utama”]
  • [Acara Renungan. Kita disuruh memagang dada kiri dengan tangan kanan. Menutup mata sambil diiringi theme song doaku dan bunda. Lalu Ust Faqih menghipnosis mengingatkan tentang orangtua, istri, keluarga terdekat kita. betapa besar rasa syukur kita memiliki mereka. Dan kita disuruh membayangkan impian kita mendatang dan orangtua kita begitu membanggakan kita. bersyukur memiliki anak seperti kita. terakhir kita disuruh sujud dan seolah kita reborn menjadi peribadi baru yang juara]
  • Telepati itu ada. Alloh yang akan menyambungkan. Yang paling kuat hubungan orang tua dan anak. Ada kisah anaknya kuliah di Jakarta dan orangtuanya di kota lain. Setiap malam ayahnya berdoa dan seolah terhubung SLJJ. Ia mendoakan bahwa anaknya setiap lihat buku ia tidak meletakkannya sebelum ia selesai membaca. Setebal apapun bukunya. Dan betul itu terjadi dan ia sering mendengar ayahnya sering berkata sesuatu. Telepati harus dengan hati yang jernih sambil dibayangkan wajahnya
  • Hukum Kekekalan Energi. Energi positif dan Energi Negatif. Siapa menebar dia akan menuai. Siapa mengerjakan kebaikan sebesar atom pasti akan melihat balasannya begitupun sebaliknya. Eneg bisa dinetralisir dengan taubatan Nasuuha. Cair bisa dalam bentuk harta, kata, cinta. Kapan Mencairkannya terserah Alloh. Mencairan tabungan energy
  • Ada pemimpin yang katanya didengar, ada yang korupsi lalu anaknya narkoba. Jumlahnya persis apa yang dia korupsi. Itu baru dunia, belum akhirat
  • Gusti Alloh mboten Sare
  • Ada jenderal bintang 3 yang pada saat wukuf anaknya menjadi gila dan menyanyikan garuda pancasila. Lalu seperti ditampakkan pada saat wukuf bahwa jenderal ini sering mempermalukan anak buahnya dihadapan orang banyak. Sehingga seperti cermin iapun dipermalukan di arofah hingga opname. Pada saat pulang ke tanah air. Anaknya tiba-tiba sembuh dari gilanya.
  • Siapa menabur benih, sudah ditunjukkan di dunia
  • Kisah penderita leukemia yang divonis 3 bulan, akhirnya berhasil sembuh karena ia selalu menuliskan impiannya di secarik kertas dan beberapa tahun kemudian terkabul seperti sekolah di luar negri, mencetak rekor MURI. Leukemia nya walaupun masih pengobatan tapi sudah dikatakan sembuh. There’s nothing impossible when you believe in God! Padahal ia hampir saja mau bunuh diri karena putus asa. Milikilah impian, tuliskan lalu lihat apa yang akan terjadi

 

Summarized by @astu_MD

25 November 2012