Home

7 Cara Menangkal Bisikan Setan [Catatan training Ust Faqih Syarif]

Leave a comment

 

Catatan training Spiritual Motivation PPDS I IPD FK UNAIR/RSU dr.Soetomo

N. Faqih Syarif, S.Sos. Msi

Penulis buku Al-Quwwah Ar-Ruhiyah, kekuatan Spirit Tanpa Batas

  • Tulis nama Anda dengan tangan kanan 5x lalu masing-masing ditandaangani. Sekarang buat dengan tangan kiri. Beberapa ada yang belum mencoba sudah bilang “Gak bisa, Sulit!, Angel!” Ini namanya pikiran negatif.
  • 8 dari 10 orang Indonesia terkena penyakit ini. Negative taughts
  • Indonesia tuh yang lebih terkenal karena budaya korupsi dan jam karet nya daripada anak bangsa yang menang olimpiade
  • Penyakit ini abstrak sehingga sulit dibasmi. Unpredictable
  • Mengapa menulis dengan tangan kanan kita lebih baik karena kebiasaan. Ala bisa karena biasa. Dan segala bisikan itu masuk melalui ke telinga —- pikiran —- alam bawah sadar —- habit —- karakter
  • HIT. Hancurkan Penghalang. Hancurkan pikiran negatif
  • Setan itu tidak mau manusia itu mulia, hebat, maju dan punya keyakinan  maka ditanamkanlah keragu-raguan dan sifat menunda
  • Ada 27 cara untuk menghindarkan diri dari bisikan setan. Disini saya akan berikan 7

1.       Kenali Bisikan setan

  • Setan itu ada 2 macam. Setan dari golongan jin dan manusia. Kalo kita sendiri lalu berbuat buruk berarti itu dari golongan jin. Namun kalau kita bersama teman lalu teman itu bilang “wiih rajine, lapo se rajin-rajin?” itu berarti setan dari golongan manusia
  • Rasa jantuk dan omong sendiri saat kuliah/ceramah itu juga berasal dari setan
  • Jadi kenali. Kata Rasulullah SAW bisikan setan itu selalu mengajak kepada sesuatu yang buruk sedangkan malaikat sebaliknya
  • Bisikan setan termasuk menunda kebaikan.. “Nanti aja ah”
  • Setan masuk kepada pikiran-pikiran dokter yang lebih memntingkan kepentingan pabrik obat daripada kepentingan pasiennya
  • Kata bervirus [1] Tapi…. [2] Nanti…. [3] Sok Tahu
  • Kita itu selalu menunda, gak kayak laptop tekan tombol Enter langsung jalan
  • Banyak manusia yang hanya sekedar “ingin” tapi tidak mau melakukan. “Saya ini ingin pak sebetulnya keluar dari pekerjaan dan menjadi wiraswasta” tapi ya sudah dari dulu sampai sekarang hanya sebatas “ingin”
  • Niat bekerja itu ada 3. Yang pertama hanya sekedar “job” biasanya yang begini setiap senin pasti 80% stress dan mau weekend sueneng. Ada juga yang niatnya mencari karier. Tapi ini juga lemah. Yang paling hebat adalah bekerja karena mengikuti “panggilan jiwa” nya. Bekerja dengan penuh cinta. Karena ada nilai ibadah. Pekerjaan dokter itu ladang pahala karena membuat yang sakit menjadi sehat kembali
  • Doa yang paling jelek itu doanya tukang kubur. “Kok hari ini kok gak ada yang mati ya?”

2.       Berdoa, ucapkan Taawudz

  • Jika itu bisikan malaikat maka bersyukurlah. Tapi bila setan atau ajakan negative ucapkanlah audzubillahiminasshaitoonirrojiim.. (Aku berlindung dari godaan Setan yang terkutuk). Segera minta perlindungan. Atau ucapkan istighfar

3.       Berwudhu

  • Berwudhu, baca qur’an lalu shalat mutlaq 2 rakaat. Ada keluarga wawali yang bila ayahandanya akan marah ke keluarganya lalu ia ambil wudhu dan sholat. Jadi keluarganya hafal kalau ayahandanya bolak-balik sholat berarti ada yang membuat ia marah lalu mereka berusaha mengoreksi dirinya sendiri

4.       Tutup kedua telinga

  • Abaikan omongan teman yang menghambat kita untuk maju. Jadilah seperti katak tuli yang memanjat menara
  • Tinggikan kebermanfaatan kita. Khairunnaas lianfauhum linnaas. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lain
  • [peserta diabagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 disuruh mengucapkan impiannya di tahun 2013 sementara kelompok 2 berusaha menjatuhkan dengan kata-kata yang negative seperti “waah gak mungkin” “gak akan bisa!”

5. Berikan Afirmasi Positif. Saya Special, Saya Juara, Saya Pasti Bisa! Spesial karena sidik jari kita tidak ada yang sama. Juara karena saat pembuahan hanya ada 1  sperma yang berhasil membuahi setelah melewati berjuta rintangan. We Are limited edition. Produk yang sangat berharga. Berikan dong prestasi yang terbaik untuk Alloh. [peserta diberi waktu 10 menit dan radius 10 meter untuk mencari sesuatu yang unik, jarang, khas. Dan itu adalah diri kita sendiri]. Kita layak untuk prestasi terbaik

  • Penelitian. Saat kita masih anak-anak kita tersenyum hingga 400x/hari namun pada saat dewasa hanya 15x/hari. Kita menjadi pelit senyum. Padahal senyum itu memicu hormon-hormon bahagia seperti serotonin dan endorfin
  • Tips kalau lagi galau ada yang di kosnya tiba-tiba mengucapkan “Saya adalah special, Saya Adalah Juara!, Saya Pasti Bisa!” ; atau dia membayangkan membawa trofi pada saat ia pernah memenangkan juara LKTI. [memang ada baiknya di ruang kerja kita kita tempelkan foto-foto saat kita mengukir prestasi

6.       Alihkan Perhatian

  • Remehkan ajakan setan! Sepelekan dan anggap gak penting. Misal setan ngajak ngajak mabuk “Ah kamu bisa aja, becanda kamu” Setanpun nanti akan melongo heran hehe..

7. Lakukan sesuatu yang baik itu dengan 100%. Pesawat tidak akan tinggal landas sebelum mencapai kecepatan 284 km/jam. Bila kurang dari itu, 0 pesawat tidak akan tinggal landas.

  • [Tugas menuliskan 30 nikmat Alloh yang luar biasa dan layak untuk disyukuri]
  • [dibagi menjadi 6 kelompok diberi misi menyelamatkan telur dengan modal, balon, sedotan, cater, dan kertas HVS. Ada juga tugas perorangan dengan mewujudkan rasa syukur dengan menemui 5 orang pasien]
  • Untuk bisa membuat team solid. Maka visinya harus jelas, harus ada pemimpin. Tanamkan motto itu dalam-dalam di hati kita [setiap peserta disuruh untuk menghafalkan moto IPD dan mengucapkannya keras-keras “Menyelamatkan penderita dengan jujur dan dengan sikap SSPP (Sopan Santun Penuh Perhatian) adalah kewajiban utama”]
  • [Acara Renungan. Kita disuruh memagang dada kiri dengan tangan kanan. Menutup mata sambil diiringi theme song doaku dan bunda. Lalu Ust Faqih menghipnosis mengingatkan tentang orangtua, istri, keluarga terdekat kita. betapa besar rasa syukur kita memiliki mereka. Dan kita disuruh membayangkan impian kita mendatang dan orangtua kita begitu membanggakan kita. bersyukur memiliki anak seperti kita. terakhir kita disuruh sujud dan seolah kita reborn menjadi peribadi baru yang juara]
  • Telepati itu ada. Alloh yang akan menyambungkan. Yang paling kuat hubungan orang tua dan anak. Ada kisah anaknya kuliah di Jakarta dan orangtuanya di kota lain. Setiap malam ayahnya berdoa dan seolah terhubung SLJJ. Ia mendoakan bahwa anaknya setiap lihat buku ia tidak meletakkannya sebelum ia selesai membaca. Setebal apapun bukunya. Dan betul itu terjadi dan ia sering mendengar ayahnya sering berkata sesuatu. Telepati harus dengan hati yang jernih sambil dibayangkan wajahnya
  • Hukum Kekekalan Energi. Energi positif dan Energi Negatif. Siapa menebar dia akan menuai. Siapa mengerjakan kebaikan sebesar atom pasti akan melihat balasannya begitupun sebaliknya. Eneg bisa dinetralisir dengan taubatan Nasuuha. Cair bisa dalam bentuk harta, kata, cinta. Kapan Mencairkannya terserah Alloh. Mencairan tabungan energy
  • Ada pemimpin yang katanya didengar, ada yang korupsi lalu anaknya narkoba. Jumlahnya persis apa yang dia korupsi. Itu baru dunia, belum akhirat
  • Gusti Alloh mboten Sare
  • Ada jenderal bintang 3 yang pada saat wukuf anaknya menjadi gila dan menyanyikan garuda pancasila. Lalu seperti ditampakkan pada saat wukuf bahwa jenderal ini sering mempermalukan anak buahnya dihadapan orang banyak. Sehingga seperti cermin iapun dipermalukan di arofah hingga opname. Pada saat pulang ke tanah air. Anaknya tiba-tiba sembuh dari gilanya.
  • Siapa menabur benih, sudah ditunjukkan di dunia
  • Kisah penderita leukemia yang divonis 3 bulan, akhirnya berhasil sembuh karena ia selalu menuliskan impiannya di secarik kertas dan beberapa tahun kemudian terkabul seperti sekolah di luar negri, mencetak rekor MURI. Leukemia nya walaupun masih pengobatan tapi sudah dikatakan sembuh. There’s nothing impossible when you believe in God! Padahal ia hampir saja mau bunuh diri karena putus asa. Milikilah impian, tuliskan lalu lihat apa yang akan terjadi

 

Summarized by @astu_MD

25 November 2012

 

Advertisements

7 Efek Kesehatan akibat pemakaian kronis #HighHeels

1 Comment

  • Simak ya tweeps! Dinner talk nanti malem (19.00)  “7 Efek Kesehatan akibat pemakaian kronis #HighHeels”
  • 1.Memakai #HighHeels memang modis. Kaki terlihat jenjang, betis padat, pantat terangkat dan badan tampak lebih tegak
  • 2.Tapi dibalik #HighHeels ada beberapa konsekuensi kesehatan yang harus diperhatikan bila digunakan dalam jangka waktu yg lama
  • 3.#HighHeels menyebabkan titik tumpu di pinggul berubah, tulang belakang melengkung ke belakang sehingga nyeri [1]
  • 4.Nyeri punggung saat memakai #HighHeels disebabkan oleh kram otot punggung dan nyeri sendi akibat perubahan postur
  • 5.#HighHeels menyebabkan lutut sedikit tertekuk dan membebani otot dan sendi lutut sehingga bisa menyebabkan pengapuran dini [2]
  • 6.Pengapuran lutut (osteoarthritis) saat memakai #HighHeels diperparah dengan berat badan yang obese atau overweigh
  • 7.Saat memakai #HighHeels tekanan lutut meningkat 26% dan jari-jari kaki 22%(Hak2,2cm) dan 76% (Hak7,5cm)
  • 8.Pemakaian kronis #HighHeels dapat menyebabkan otot betis memendek 13%. Sehingga sakit saat memakai flat shoes
  • 9.[3] #HighHeels menyebabkan kulit kaki mengeras (ngapal), tumit pecah-pecah akibat gesekan yang terus menerus
  • 10.Bila sudah mengeras, nyeri. Bila tipis dapat diberi salep salisilat dosis tinggi, namun bila sudah jadi mata ikan harus operasi kecil
  • 11.#HighHeels dengan stiletto (ujung menyempit) bisa merubah bentuk jempol kaki dan timbul tulang baru (Hallux Vagus) / bunion
  • 12.[4]Tekanan pada jari kaki 3&4 menyebabkan neuroma morton. tumor jinak saraf sehingga nyeri seperti menginjak kerikil #HighHeels
  • 13.[5]Posisi berjinjit juga membebani telapak kaki sehingga mengakibatkan radang yang disebut metatarsalgia
  • 14.Kalau ingin kurus sebaiknya jangan pakai #HighHeels karena jadi malas jalan jauh
  • 15.[6] #HighHeels mengganggu pertumbuhan kuku sehingga menekuk kuku ke dalam.
  • 16.Ibu hamil >20mgg sebaiknya tidak memakai #HighHeels karena risiko terkilir. Bahaya buat ibu dan janin
  • 17.[7]Pada beberapa sumber #HighHeels juga menyebabkan payudara turun, gangguan kesuburan dan BAK/BAB
  • 18.Solusi #HighHeels : sering ragangkan telapak kaki. Satu kaki pada satu anak tangga yang satu pada anak tangga diatasnya
  • 19.Solusi #HighHeels : Sering rendam kaki dengan air hangat campur garam, pedicure, beri pelembab.
  • 20.Solusi #HighHeels : Bila Senin-Jumat harus pakai #HighHeels weekend imbangi dengan memakai sneaker atau flat shoes

Sumber

http://gayamuda.com/bahaya-kesehatan-memakai-sepatu-high-heels.html
http://duitbux.info/index.php?topic=635.0
http://www.vemale.com/kesehatan/14248-ingin-kurus-jangan-pakai-high-heels.html
http://life.viva.co.id/news/read/320086-sexy-high-heels-vs-kesehatan
http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/akibat.high.heels/005/005/242
http://fathi007.wordpress.com/2012/06/15/high-heels-dan-kesehatan-kaki/
http://sibukforever.blogspot.com/2012/05/bahaya-high-heels-bagi-kesehatan.html
http://childrenfootclinic.wordpress.com/2012/10/10/permasalahan-kesehatan-pemakaian-high-heels-dan-pencegahannnya/

Pancaroba, Flu dan Tips pencegahan

Leave a comment

  • 1.Musim Pancaroba adalah sarana yang yang kondusif untuk kuman penyebab influenza untuk memperbanyak diri
  • 2.Flu dapat ditularkan lewat droplet dari batuk atau bersin orang yang menderita flu
  • 3.Atau tangan kita terkontaminasi virus lalu kita pegang hidung atau mulut. Sebaiknya membiasakan cuci tangan
  • 4.Istirahat yang cukup dan cukup minum adalah hal yang biasa disarankan saat kita flu
  • 5.Livestrong.com memberikan beberapa saran agar pertahanan tubuh kita kuat sehingga tidak gampang kena flu
  • 6.Menurut University of Maryland Medical centre, bawang putih segar mengandung zat antivirus yang dinamakan Allicin
  • 7.Saat pancaroba Komsumsilah buah segar yang kaya vitamin C (kiwi,stroberi,jeruk,nanas)
  • 8.Saya tidak merekomendasikan suplemen vitamin C dosis tinggi karena berisiko terbentuk batu ginjal kalsium oksalat
  • 9.Supplemen yang mengandung ginkgo biloba menurut Balch dapat membantu sirkulasi vitamin dan mineral yang penting u/ sistem imun
  • 10.Olahraga seperti jogging, bersepeda atau berenang 20m/day bermanfaat meningkatkan pergerakan sel darah putih melawan kuman
  • 11.”Olahraga adalah senjata paling ampuh untuk mencegah sakit,” (Prof. David Nieman – Appalachian State University)
  • 12.Kalau memang terlalu sibuk, untuk mencegah flu Rajin-rajin aja push up dan angkat beban (barbell atau dumble)
  • 13.Untuk yang sudah menikah, studi 2004 berhubungan seks secara teratur 1-2x/minggu meningkatkan antibodi 30% lebih daripada yang jarang
  • 14.Minum air yang cukup dapat membuat selaput lendir di saluran nafas tetap lembab sehingga tidak mudah ditembus virus
  • 15.Minum air minimal 30cc/kgBB. Misalkan berat anda 50kg tinggal kalikan 50×30=1500cc atau 1,5L/hari
  • 16.Stop Smoking. Asap rokok dapat memicu radang,produksi lendir dan menurunkan pertahanan tubuh di saluran nafas
  • 17.Pencegahan lain adalah tidur cukup, miliki banyak teman, cukup vitamin D, probiotik (kuman baik), vaksin flu

Sumber :

  1. http://www.livestrong.com/slideshow/550987-how-to-build-up-your-immune-system-to-fight-the-off-flu/#slide-4
  2. http://www.motherearthnews.com/natural-health/strengthen-immune-system-z10m0vau.aspx?page=3
  3. http://www.108csr.com/home/taukah_anda.php?id=540
  4. http://kokeykhia.blogspot.com/2012/07/olahraga-terbaik-untuk-atasi-flu.html
  5. http://www.health.harvard.edu/flu-resource-center/how-to-boost-your-immune-system.htm
  6. http://www.garutkab.go.id/download_files/article/Waspada%20Penyakit%20Musim%20Pancaroba.pdf

Pengaruh Stress terhadap sistem Imun. Kekuatan berfikir Positif

1 Comment

  • Malem tweeps. Udah makan malem? Boleh saya temani dengan kultwit “Stress, Sistem Imun & kekuatan berfikir positif” ya..
  • 1.Dosen saya Prof. Taat pernah memberi kuliah yang menarik soal sistem Imun kita yang ternyata dipengaruhi oleh otak dan kondisi psikologis
  • 2.Niy menyangkut cabang ilmu Neuroscience, Neurobehaviour dan Psikoneuroimunologi.
  • 3.Berawal dari fenomena yang diamati oleh Galen, Dokter Yunani bahwa wanita yang melankolis lebih rentan untuk terkena kanker payudara
  • 4.Sementara wanita yang periang atau sanguinis relatif lebih jarang terkena kanker payudara. Why?
  • 5.Setelah diteliti ternyata ada keterkaitan yang dinamakan HPA Axis atau jaras Hipotalamus-Pituitary-Adrenal
  • 6.Bagian otak tempat emosi itu berada pada sistem Limbik, yaitu Sistem yang paling primitif dari otak manusia
  • 7.Bila kita merasa stress, maka melalui HPA Axis tadi akan memicu Adrenal (ginjal) untuk mensekresi hormon kortisol
  • 8.Kortisol ini bila berlebihan akan menurunkan sistem imun, membuat perih lambung, juga meningkatkan risiko jantung & stroke
  • 9.Sementara orang sanguinis (ceria, banyak teman, bahagia) kortisolnya lebih rendah dan didominasi endorfin (hormon bahagia)
  • 10.Endorfin itu zat seperti morfin yang bisa bikin kita merasa bahagia. Hormon ini juga dikeluarkan saat kita olahraga
  • 11.Inilah mengapa setelah aerobik (renang, jogging, bersepeda)  kita merasa lebih fresh dan menyenangkan  #endorfin
  • 12.Rahasianya kata Prof.Taat ada pada Seni BERPIKIR POSITIF. Artinya kita bisa selalu mengambil hikmah di setiap kejadian yg kita alami
  • 13.Beliau mencontohkan saat pacar kita selingkuh, Jangan marah! Justru bersyukur karena pacar kita tyt bukan orang baik
  • 14.Saat tidak lulus, “Alhamdulillah berarti saya diberi kesempatan untuk mempelajari ilmu ini dengan lebih baik”
  • 15.Semua Pasti ada hikmahnya…. Mengingkari kenyataan hanya akan menambah stressor. Dan ini definitely enggak sehat
  • 16.Dalam kitab suci pun diajarkan agar kita selalu berprasangka baik baik kepada orang lain dan takdir Tuhan
  • 17.Bila kita perhatikan, orang yang berumur panjang atau jarang sakit biasanya punya pandangan hidup yang baik
  • 18.Begitu banyak kisah-kisah survivor kanker yang bertahan hidup karena mempunyai semangat positif
  • 19.Mungkin suatu saat semboyan “di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat: perlu dibalik ya hehe..
  • 20.”Jadi agar tetap sehat, salah satunya adalah dengan tetap berfikir positif “ #TakeHomeMessage
  • Oke tweeps that’s all for today.. Good Night

Fakta-fakta dan tips saat demam

Leave a comment

  • Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang manfaat #demam dan penanganannya yang benar
  • Suhu tubuh normal manusia bila diukur di ketiak adalah 36.5-37.5 C. bila lebih maka dapat dikatakan sedang #demam
  • #demam dapat dipicu oleh infeksi, Imunologi, Luka, Reaksi transfusi, Kanker, kelainan metabolisme, atau proses tromboemboli
  • LPS pada dinding bakteri memicu sitokin IL-6,IL-1 dan TNF-Alpha yang kemudian mempengaruhi hipotalamus
  • Sitokin ini adalah zat kimia semacam sinyal untuk komunikasi antar sel #demam
  • Hipotalamus ini bagian otak yang berfungsi sebagai thermostat (pengatur suhu) #demam
  • Hipotalamus mengatur tubuh untuk mencapai suhu tubuh tertentu. Salah satunya #demam
  • Hipotalamus melalui saraf otonom akan membuat tubuh memproduksi panas dan sekaligus mengurangi kehilangan panas #demam
  • Produksi panas didapat dari otot yang menggigil, hormon adrenalin dan tonus otot yang meningkat (kaku) #demam
  •  Pengurangan heat loss yaitu dengan mempersempit pembuluh darah di sekitar kulit. Itulah mengapa kita menjadi menggigil saat #demam
  • #Demam ternyata bermanfaat untuk meningkatkan imunitas alami (innate immunity)
  • #demam dapat meningkatkan mobilitas sel darah putih, kemampuan fagositosis (proses memakan kuman)
  • #demam dapat menurunkan efek racun dari kuman (endotoksin) dan dapat meningkatkan T limfosit (sel imun)
  • #demam dapat mengurangi zat besi (Fe) >> makanan kuman
  • Ada beberapa studi. #demam justru dapat menurunkan risiko kematian karena infeksi
  • Disisi lain bila >42 C bisa merusak sistem saraf pusat. Berikan penurun panas bila suhu >38.5 C #demam
  • Berikut tips sehat saat #demam
  • Ukur suhu tubuh setiap 4 jam. Lebih akurat dengan thermometer air raksa #demam
  • Hindarkan pakaian atau selimut yang tebal karena panas akan makin sulit hilang #demam
  • Pakailah pakaian yang tipis, longgar dan nyaman dipakai #demam
  • Hidrasi. Minum cukup cairan dan buah-buahan. Mirip dengan mesin mobil, akan dingin bila cukup air #demam
  • Usahakan tetap makan. Tentu yang mudah untuk dicerna #demam
  • Kondisi ruangan harus sejuk. Bisa memakai AC atau kipas angin. #demam
  • Kompres dengan air hangat. Jangan es. Air hangat akan membuat pembuluh darah melebar sehingga mudah melepas panas #demam
  • Kompres pada ketiak, lipatan paha badan dan punggung #demam
  • Berikan penurun panas bila temperatur tubuh lebih dari 38 C #demam

Sumber

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Fever
  2. http://ummushofiyya.wordpress.com/2011/05/02/tangani_demam_secara_bijak/

10 Kebiasaan yang membuat Anda gemuk

3 Comments

Bila menurunkan berat bedan mudah, tentu tidak akan ada orang yang overweight. Karena yang tidak sehat biasanya enak. sebut saja french fries, ayam goreng, ice cream, makanan yang manis. Untuk itu kita perlu mengenali kebiasaan-kebiasaan buruk yang membuat badan kita gemuk. Apa saja?

Kebiasaan ke 1 : Persiapan yang buruk

Artinya kita tidak mempunyai persiapan dalam menyediakan makanan yang sehat di lemari es, Tidak mempunyai persiapan saat di restoran sehingga kita makan apa saja yang dihidangkan, dan menuruti hawa nafsu terhadap makanan yang manis misalnya. Sediakan makanan yang sehat dalam lemari es seperti protein, sayur, buah, makanan kaya serat, dan lemak sehat (unsaturated fat), Saat akan masuk restoran rencanakan makanan sehat yang akan dimakan dan stick to the plan, Bila anda ketagihan gula coba cari alternatif seperti sepotong buah dan puding yang sugar free

 

Kebiasaan ke 2 : Kurang Minum

Minum air putih dengan jumlah yang cukup sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, tulang, persendian, sistem pencernaan , memori dan fungsi otak. Kelelahan atau rasa mengantuk dan malas adalah salah satu tanda dehidrasi ringan. namun banyak yang salah mengartikan ini dengan lapar sehingga mereka kemudian makan.

Sebuah studi November 2008 yang membahas isu tentang obesitas menunjukkan hubungan yang signifikan antara kenaikan asupan air putih dengan penurunan berat badan. Studi lain dari Virginia Tech mengkonfirmasi bahwa dieter yang mengkonsumsi 2 ons air putih sebelum 3x makan harian akan mengalami penurunan 5 pon berat badan dibandingkan dieter yang tidak minum air sebelum makan.

Berapa jumlahnya? 30cc/kgBB jadi bila berat Anda 50 kg maka jumlah air putih minimum/ hari adalah sekitar 1500 cc atau 1.5 Liter

 

Kebiasaan ke 3 : Kurang Protein

Tubuh anda membakar lebih banyak energi untuk memproses protein. artinya bila anda makan banyak protein maka lebih banyak kalori yang dibakar. Sumber protein ada pada ayam tanpa kulit, potongan dagingsapi yang tidak berlemak, seafood, telur, selai kacang, yoghurt

 

Kebiasaan ke 4 : Terlalu banyak mengkomsumsi kalori dalam bentuk cair

Minuman tinggi kalori dapat menambah berat badan karena kita tidak merasa kenyang. Sebaiknya hindari juz buah, soft drink,alkohol dan sport drink. Minum saja air putih atau kopi, teh tawar bila butuh pemanis pakai gula jagung

 

Kebiasaan ke 5 : Kurang tidur

Studi dari Case Western Reserve University tahun 2006 yang meneliti hubungan berat badan dan kebiasaan tidur 68.000 wanita berumur lebih dari 16 tahun. mereka menemukan wanita yang tidur hanya 5 jam atau kurang mempunyai berat badan rata-rata 5.5 pon (2.5 kg) lebih tinggi daripada wanita yang tidur 7 jam atau lebih

Ini ada hubungannya dengan hormon terutama hormon leptin dan ghrelin. Kurang tidur menyebabkan leptin menurun dan menaikkan ghrelin. nah kalau ghrelin naik maka nafsu makan akan meningkat. Leptin yang rendah juga menyebabkan tidak begitu kenyang setelah makan

 

Kebiasaan ke 6 : Tidak Sarapan

Makan pagi memicu metabolisme dan memaksa tubuh untuk memulai pembakaran kalori. Banyak orang tidak begitu selera untuk makan. todak mengapa. pastikan and makan sesuatu selama 2 jam setelah Anda bangun tidur.

Sarapan ideal itu menggabungkan karbohidrat kompleks, protein dan lemak yang sehat. roti bakar isi telur dadar bisa menjadi pilihan

 

Kebiasaan ke 7 : Belanja di bagian tengah supermarket

Di Supermarket bagian tengah biasanya banyak makanan kemasan yang tidak sehat. Cobalah berbelanja di pinggir-pinggir dekat tembok. biasanya banyak makanan segar, daging dan susu

 

Kebiasaan ke 8 : Pencatatan yang buruk

Buatlah semacam food diary. makanan apa saja yang anda makan hari ini. Dengan mencatat maka Anda mendapat gambaran tentang jumlah kalori yang Anda komsumsi per hari nya, dapat mengenali pola makan sehingga dapat menyesuaikan diri. Cara mencatat bisa memakai cara sederhana dengan menulis, atau online yang secara otomatis menghitung jumlah kalori harian saat kita mengentry data

 

Kebiasaan Ke 9 : Tidak Angkat beban

Diet dan cardio saja tidak cukup. tambahkan dengan latihan angkat beban. Beberapa studi telah menunjukkan hubungan yang signifikan antara latihan beban dan penurunan berat badan. Cardio dan angkat beban dapat membakar kalori dan memacu metabolisme , cardio hanya meningkatkan metabolisme hanya pada saat latihan dan jangka waktunya pendek sementara olahraga angkat beban dapat meningkatkan metabolisme saat latihan dan setelah latihan dalam jangka waktu yang cukup panjang jam hingga hari.

Pada saat pemulihan, metabolisme otot masih membakar kalori, ini adalah waktu untuk latihan cardio. Mengkombinasi low repetition exercise (weightlifting) dan high-repetition cardiovascular exercise akan membuat otot bekerja dengan baik dalam membakar lemak total

 

Kebiasaan ke 10 : Gampang menyerah

Seringkali bila jenuh kita kembali ke ketagihan makanan yang tidak sehat. Maafkan dirimu lalu cepat kembali ke healthy habits

 

Jika Anda melihat termasuk dalam 10 kebiasaan tidak sehat ini, maka segera ubah ke kebiasaan yang sehat.kuncinya adalah konsisten, ulangi dan ulangi lagi. Mulailah sekarang dan lihat kemudian hasilnya

Tips Singkat

  1. Jangan makan atau ngemil di depan TV. Gak sadar, makan terus bukan karena Anda lapar tapi karena ada makanan. Anda akan lebih mudah menurunkan berat badan bila Anda makan di meja makan
  2. Makan dengan piring yang lebih Kecil. Rekomendasi dari Wynne 8,5-10 inchi
  3. Letakkan garpu setiap gigitan. makanlah dengan lebih perlahan untuk meningkatkan kesadaran bahwa anda sudah kenyang
  4. Tingkatkan aktivitas di luar ruangan. Tingkatkan denyut jantung dan bakr lebih banyak kalori. Gunakan anak tangga, dan lebih sering berjalan kaki

Sumber : http://www.livestrong.com/article/424905-10-habits-that-make-you-fat/

 

Translated and summarized by @astu_MD (1 November 2012)