Throttle. Kalo mobil lama namanya karburator

Pada suatu waktu mobil saya bermasalah, keluhannya saat pindah persneling atau dipakai kecepatan tinggi kalau orang Jawa bilang mrebet. Jadi semacam tersendat-sendat

Lalu saya bertanya ke kakak sama adek ipar yang lebih mengerti soal otomotif. Katanya mungkin kena karburatornya, jadi pembakaran bensinnya tidak sempurna.

Dan memang benar, setelah saya bawa ke bengkel dan diambil karburatornya. Terlihat noda pekat hitam yang seharusnya putih di salah satu bagiannya.

“Sudah lama ndak servis ya mas?” Haha rasanya tertohok.. Tune up atau pembersihan mesin seharusnya dilakukan setiap 2000 km. Jika tidak akan berbahaya bila sampai kena sensornya.

Pak montir lalu membersihkannya dengan semacam spray cleaner yang kita harus beli 60rb.

Enggak lama, udah selesai. Mobilpun bisa melaju dengan kencang walau masih dikiiit sisa mbrebetnya.

Dapet ilmu juga dari montirnya, kalo mobil baru itu namanya bukan lagi karburator tapi throtle. VVTi untuk komsumsi bensinnya sebenarnya sama, hanya berbeda di fasilitasnya.

That’s it! Segala sesuatu itu ada ilmunya. Jangan pernah berhenti untuk terus belajar. Meski itu diluar bidang Anda

Astu Anindya Jati / Menganti, 25 Agustus 2012 / written with Blackberry Gemini