“Yakin” episode 4 by @yusuf_mansur

  • Shalawat 10x semoga kita mempunyai pikiran dan sikap the winner. Masing-masing dari kita mempunyai potensi untuk jadi the winner
  • Mudah-mudahan kita mempunyai keyakinan, tidak melihat ketidakmungkinan tapi selalu bersandar pada kekuasaan-Mu sementara diri penuh keterbatasa. Jadikan kami hamba yang tidak saja yakin namun juga berbuat amal shalih
  • Dukungan external kadang hilang, kita harus mempunyai dorongan dari dalam diri. Dukungan internal. Selalu katakana InsyaAlloh. Sertakan Alloh selalu agar bila kita sukses tidak menjadi sombong dan bila kita gagal tidak kecewa.
  • QS 26:51-68 Kisah Nabi Musa as. Nabi Ulul Azmi yang beserta umat bani Israil dikejar oleh pasukan Fir’aun. Salah seorang dari mereka (Bani Israil) begitu ketakutan bahwa mereka akan tersusul, Namun jenderalnya, Nabi Musa as. Mempunyai keyakinan yang begitu hebat. Musa menjawab: “Sekali-kali tidak akan tersusul; sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku.” (62) dan kemudian terbelahlah laut merah dan mereka semua selamat. Kecuali fir’aun dan bala tentaranya
  • Jangan bantingin semuanya kepada pikiran, pikiran tuh banyak ngacaunya. Bantingin semuanya ke Alloh karena Ia Maha Bijaksana.
  • Selalu ada kemungkinan-kemungkinan. Buruk, semakin buruk, baik dan semakin baik. Saya tidak mendukung Anda mempunyai keyakinan bahwa bila pikiran kita baik pasti akan baik jika tidak disandarkan pada Alloh.
  • Kisah rumah Kontrakan : Suami istri dan anak-anak besok harus bayar kontrakan bila tidak, ia akan diusir. Lalu istrinya bilang “Pak besok gimana?”. Suaminya menjawab. “Udah gak usah dipikirin, sekarang udah maghrib. Ayo kita ke masjid, ajak anak-anak” Saat diri kita melemah, jangan bilang ke istri atau diri kita “Ya Alloh niy kalo ga ada duit kita akan diusir” Jangan! Itu terlalu kecil. Tapi bilang “Mudah-mudahan Engkau bersedia ya menolong saya, Biar ga ada duit, tapi Engkau pasti ada!” Besoknya yang punya kontrakan nagih “Sudah ada duit?” “Belum ada” suaminya menjawab. “Gimana ya sebetulnya niy rumah sudah banyak yang nawar gini aja deh. Bapak beli aja niy rumah! Saya beri waktu  bulan ya!” sang suami kaget, bayar kontrakan aja susah malah disuruh beli. “Ya, Pak” Semua ketakutannya tidak terbukti. Dia tidak jadi diusir —-to be continued
  • Kisah nenek dan cucu yang hamil : Waktu umroh ada nenek ketemu yusuf Mansur, cerita tentang cucunya yang sedang hamil. Dokter bilang kalo kehamilannya diteruskan ada 3 kemungkinan anaknya mati, ibunya mati atau keduanya mati.jadi sebaiknya digugurkan. Namun keluarga ini berharap ada kemungkinan ke 4 bahwa keduanya hidup.. dokter bilang menurut pengalaman itu sulit, hampir tidak mungkin. Keluarga ini selalu control sikap dan pikirannya ke Alloh ; sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku. Gimana lanjutannya? Tunggu besok

Summarized by  Astu Anindya Jati