Usianya tidak lagi muda, sudah hampir setengah abad. Akan tetapi masih tampak energik, simpatik dan kharismatik.

Di tempat praktiknya sebagai dokter umum. Ada sekitar 40 kunjungan setiap harinya dengan penyakit yang bermacam-macam. Pasiennya rata-rata bermobil dan dari golongan menengah keatas

Lalu timbullah beberapa pertanyaan. Wah dokter umum kok bisa sesukses itu ya?  Pasien-pasien itu kan berduit, mengapa memilih dokter umum bukan dokter spesialis? Apa sih rahasianya?

Sampai suatu ketika seorang medical representative datang ke tempat praktiknya, menyelidik sambil melakukan pengamatan.

Ternyata ada 5 rahasia yang membuat pasien selalu ingin datang kepadanya.

1.       Progress attention

Perkembangan pasien yang telah berobat ke dokter Robert selalu dipantau. Ditanyakan melalui telepon. Bagaimana? Apakah masih ada keluhan? Sekaligus bila belum sembuh beliau menyarankan langkah-langkah apa yang harus dilakukan oleh client.

 

2.       Stay Update

Ilmu kedokteran berkembang dengan sangat cepat. Siapa lambat akan tergilas. Dr.Robert rajin sekali mengikuti seminar-seminar dari berbagai bidang ilmu. Selain itu juga rajin mencari literature baik online maupun offline. Ia mempunyai semangat belajar yang sangat tinggi hingga kini. Dan sebagai output adalah treatment yang juga update sehingga lebih bermanfaat untuk pasien

 

3.       Quick review before interview

Biasanya niy kalo di rumah sakit atau di tempat praktik dokter lain. Pasien masuk, baru dokter membaca sekilas rekam medis pasien.  Tapi dokter Robert tidak, Sebelum pasien masuk, Ia memeriksa terlebih dahulu secara teliti rekam medis pasien sehingga ia dapat melakukan interview dan pemeriksaan yang tajam dan terarah

 

Sebelum selesai membaca pasien belum diperbolehkan masuk terlebih dahulu. Seringkali pasien heran. Lhoh dokternya kok kayak dukun tau ini tau itu. Padahal Ia telah membaca terlebih dahulu rekam medis baru memprediksi keluhan yang mungkin timbul

 

4.       The Power of Suggestion

Tidak cukup diberi obat, pasien juga di sugesti untuk sembuh. Dibebaskan dari pikiran negatif. Terutama stress. Sudah dibuktikan secara ilmiah bahwa stress menimbulkan peningkatan hormone stress, kortisol yang menyebabkan ketahanan tubuh menurun, Hipertensi (darah tinggi), masalahpencernaan, psikosomatis dan sebagainya

 

5.       Objective Treatment

Walaupun banyak Detailer yang menawarkan obat dengan iming-iming diskon. Ia tetap Obyektif dalam memilih. Bila obat itu bagus, banyak pasiennya yang cocok dan ada landasan ilmiahnya akan ia pakai. Bila tidak ya tidak. Bujukan rayu sedahsyat apapun dari pihak farmasi tidak akan ia hiraukan

 

Intinya adalah Good Interpersonal skills, Holistic healing and Professionalism.

 

Untuk teman sejawat dokter, mungkin Inilah kombinasi yang bisa kita pelajari dari dr.Robert Arjuna yang mungkin bisa menambah daya tarik agar pasien nyaman untuk berkonsultasi dengan Anda. Selamat mencoba! Mudah-mudahan bermanfaat (AST)

 

@astu_MD / 16 Desember 2011 / Surabaya

astumd.wordpress.com