Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri …..(QS 17:7)

Dalam Konsep hukum kekekalan energi, ada yang namanya energi positif dan energi negatif.

Energi positif  atau Epos yaitu apabila kita melakukan suatu kebaikan. Apa saja bisa sedekah, menolong orang lain, silaturahmi, mengucap salam, ibadah ritual.

Energi negatif atau Eneg yaitu apabila kita melakukan suatu keburukan seperti berbohong, mencela, mencuri, korupsi, iri dengki dan sebagainya

Dan ternyata setiap energi yang kita keluarkan ini tidak hilang, melainkan disimpan yang pada kemudian hari akan berpulang kembali kepada kita.

Artinya bila kita berbuat Kebaikan (Energi positif) maka suatu saat kebaikan ini akan berbuah kebaikan untuk kita di kemudian hari. Begitupun sebaliknya barangsiapa berbuat keburukan (Energi negatif), maka keburukannya akan kembali dirinya sendiri . Banyak orang menyebut ini hukum karma

Sebagai contoh saya mempunyai teman. Sebut saja Fikri.

Fikri adalah seorang perawat yang rajin, cekatan dan selama 4 tahunhampir tidak pernah berbuat kesalahan. Akan tetapi oleh karena konflik pribadi dengan seorang atasan, kontrak kerjanya di rumah sakit tiba-tiba tidak diperpanjang dan dipersulit untuk surat rekomendasi. Padahal pada waktu itu istrinya sedang hamil tua lagi tidak bekerja. Pasti butuh biaya untuk persalinan dan juga mengurus bayi.

Apa yang dilakukan Fikri? Ah dia bukan seperti tikus dalam buku who moved my cheese? yang begitu kejunya habis hanya diam meratap dan mencari kesalahan orang lain. Tapi Hari itu juga ia langsung bergerak  menyebarkan lamaran kerja ke beberapa rumah sakit dan laboratorium begitupun juga dengan istrinya.

Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya……. (QS 23:61)

Dan Alhamdulillah Fikri punya banyak teman yang mau menolong, surat lamaran kerjanya dibantu untuk masuk sehingga ia langsung mendapat wawancara dan panggilan kerja tanpa hambatan apapun. Begitupun istrinya langsung mendapat kerja di Rumah Zakat Indonesia dengan gaji yang lebih dari cukup.  Padahal dalam keadaan sedang mengandung. Subhanalloh semuanya begitu dimudahkan seolah jalan rezeki  begitu lebar terhampar

…Kamilah yang akan memberi rezki kepada mereka (anak-anak)dan juga kepadamu… (QS 17:31)

Apa Rahasianya?

Yang pertama adalah energi positif bernama  silaturahmi.

Nabi pernah bersabda bahwasanya silaturahmi itu memperpanjang umur dan meluaskan rezeki.

Dimanapun Fikri berada ia selalu berhubungan baik dengan pasien maupun orang yang mungkin baru saja ia kenal. Ia selalu membawa kartu nama dan menawarkan jasa home care nursing

Sudah banyak pasien yang ia rawat mulai dari rawat luka, ganti kateter, selang infuse maupun hanya cek tekanan darah.

Yang kedua adalah energi positif bernama sedekah dan saling tolong menolong

Sering ia membebaskan pasiennya dari biaya bila hanya sekedar cek tekanan darah atau pasiennya tidak mampu.

Dan terbukti siapa menanam kebaikan maka Alloh akan menambah kebaikan untuknya

…Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikanpada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukur  (QS 42:23)

Ternyata keputusan ia diberhentikan dari tempat kerjanya yang semula tampak the end of the world sekarang membuka ia kepada kesempatan yang lebih baik dan insyaAlloh lebih barokah..

….boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi(pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui (QS 2:216)

So guys.. jangan enggan untuk berbuat baik apapun profesi anda. Karena kebaikan yang kita tanam pasti akan kembali kepada kita.. anggap saja seperti menabung energi positif yang suatu saat akan tumbuh dan berbuah berupa misalnya kemudahan, rezki yang tidak terduga-duga, anak yang sholeh dan patuh, pasangan yang mencintai kita, harta yang berkah, kehidupan yang tentram dan jauh dari rasa benci (AST)

Surabaya, 27 November 2011

www.astumd.wordpress.com

Twitter : @astu_MD