The Tiger of BSZ

Maka Apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? karena Sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada (QS Al-Hajj [22] 46).

Prologue

Otak dan hati lambat laun akan dibunuh oleh rutinitas bila kita tidak pandai mengambil rehat.

Dan rehat yang paling menyenangkan adalah dengan mengadakan perjalanan ke tempat-tempat yang belum atau jarang kita kunjungi.  Pengalaman baru akan menyegarkan kembali hati dan fikiran yang berbuah pula pada semangat baru

Pada tanggal 4 Juni 2011 yang lalu teman-teman crew UGD mulai dari dokter, paramedic dan driver ambulans beserta keluarganya, Alhamdulillah diberi kesempatan oleh pihak Rumah Sakit untuk mengunjungi 2 tempat wisata di daerah Batu, Malang. Yaitu JATIM PARK 2 (Batu Secret Zoo & Museum Satwa) dan BNS (Batu Night Spectacular)

The Travels

Perjalanan Alhamdulillah lancar tanpa dihantui kemacetan. Pertigaan Porong yang biasanya padat dapat langsung belok kekanan.

Diselingi canda tawa, gossip, pembunuhan karakter, provokasi dan statement-statement aneh seperti pada saat berada di lumpur Lapindo

“Hai mbak coba deh nyemplung ke situ nanti kan keluarnya bisa kayak Sandra Dewi” ^^;

Meihat juga fenomena-fenomena lucu seperti becak motor yang kreatif, anak kambing yang masih begitu polos dan penurut, dibawa dengan sepeda motor

Kesemuanya itu membuat perjalanan selama kurang lebih 2,5 jam menjadi tidak terasa. Dan seperti kata Einstein dengan teori relativitasnya. Waktu itu relatif, bila kita melewatinya dengan suasana hati yang menyenangkan akan terasa cepat begitupun sebaliknya, bila kita terjebak dalam situasi yang tidak menyenangkan, 1 detik terasa 1 jam.

1 |  JATIM PARK 2 (Batu Secret Zoo)

Amazing! Taman Hiburan ini memang sangat menarik dan cocok menjadi wisata keluarga

Konsepnya adalah kebun binatang modern (modern zoo)  yang Interaktif, Kreatif, Edukatif dan tentu saja rekreatif.

Kreatif dan Rekreatif

Jadi mulai saat pintu masuk kita digiring sesuai rute (ada penunjuk arahnya) mulai dari zona primata (monyet) *masih bertanya-tanya kenapa yang pertama monyet ya? ^^; kemudian berurutan Zona burung, reptil, mamalia, Aquarium, Savannah (Hewan2 Afrika), Fantasy Land yang penuh dengan arena bermain untuk anak termasuk waterground), Food corner, River Adventure dimana kita bisa naik perahu menyusuri kapal nabi Nuh,  dan yang terakhir Tiger Land (Tempat Harimau dan Singa bersemayam).

Sangat kreatif karena setiap kandang didesign sedemikian rupa sehingga menyerupai habitat aslinya. Seperti harimau India yang diletakkan di kandang seolah-olah berada di Kuil Dewa Shiwa lengkap dengan bangunan-bangunan zaman kolonial yang telah retak

walaupun ada beberapa yang nyeleneh ada yang dibentuk seperti ruang kelas lengkap dengan computer dan blackboard, lalu didalamnya ada monyet-monyet yang bergelantungan.

Nuansa yang berbeda dari tiap kandang itu membuat kita mendapat nuansa baru di setiap perjalanan. Sama sekali tidak membosankan!

Interaktif

Di Farm zone ada kereta yang ditarik traktor. Dimana kita bisa member makan secara langsung hewan-hewan di peternakan seperti unta, Llama, kambing, rusa, kuda poni. Makanannya bisa dibeli di counter dengan harga 5000 IDR

Di Tiger Land ada zona memancing Harimau. Jadi kita bisa memberi makan mereka dengan alat seperti pancing. Daging-daging yang lezat

Edukatif

Di Setiap kandang ada keterangan-keterangan tentang nama hewan dan nama latinnya berikut foto, Habitat, dan fakta-fakta untik tentang mereka.

Ada semacam kuis-kuis interaktif. Seperti jejak siapakah ini? (Ada gambar jejak kaki binatang digantungkan di dinding lalu dibaliknya ada jawabannya.

Ada pula kuis-kuis yang tertera pada layar touch screen seputar pengetahuan tentang fauna

2 | Warung Bambu

Lelah setelah jalan-jalan, perut mulai meronta minta diisi kita lalu mampir di kota Batu samping hotel Purnama di sebuah warung lesehan yang bernama Warung Bambu.

Tempat ini sangat Eksotis dan kaya akan Chi (energy hidup). Bukan warung lesehan biasa karena di bawah setiap meja makan ada lubang yang dibawahnya ada air pegunungan lengkap dengan puluhan ikan koi.

Kaki kita bisa langsung dicelupkan di dalamnya. Jika kakiknya bau maka tidak akan ada ikan yang mendekat hehe.. (Becanda). Mereka tidak menggigit hanya geli aja disenggol-senggol #Eh

The Food

Enak, lengkap dan cukup variatif mulai menu patin bakar, gurami asam manis, ayam bakar,cumi goring mayonnaise  dan sayur seperti cah kangkung. Minumnya ada float, cappucchino, Oreo float, mega mendung. Standar siy tapi mungkin terasa lebih enak karena suasananya mendukung.

3 | Batu Night Spectacular (BNS)

The last destination is Batu Night Spectacular

Tiket Masuk murah.  Rp. 12.500,- tapi tidak seperti di JATIM PARK 2, di setiap wahana harus membayar lagi. BNS buka dari jam 4 sore hingga jam 2 malam. Semakin malam semakin ramai. Persis seperti pasar malem

Priority

Ada 2 tempat yang wajib dikunjungi yaitu 4D Theater dan Lampion Garden

4D Theater

Disini kita melihat tontonan 3 Dimensi tapi kursinya gerak-gerak sehingga ditambah 1 Dimensi lagi. Jadi 4D. Kali ini filmnya tentang roller coaster di Luar Angkasa.. wah sumpah sampai teriak-teriak. Tapi buat yang sudah biasa seperti mbak Kenyo tidak akan teriak karena mindsetnya sudah beda, ia tidak mau terjerumus dalam tipu daya (apa siy)

Lampion Garden

Inilah salah satunya mengapa BNS dibukanya malam hari. Di taman lampion ini ada berbagai macam bentuk lampion seperti ikan, balon udara, flamingo, alat music, dll.

Memang tempat untuk foto-foto. Dan romantic bisa dilihat dari tagline-nya “tempatmu menyatakan cinta” halah Ababil banget ^^

Ada official photographer yang keliling dengan background lampion dan bisa langsung dicetak  10R. murah, per foto cuman 15.000 IDR

The Bad Things

Ada satu kekurangan di BNS yaitu banyak copet yang berkeliaran. Kadang menyamar sebagai ibu berkerudung dan modusnya pura-pura menawar, mengalihkan perhatian lalu teman yang lain beraksi.  Dan sudah banyak pula korbannya.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan

  • Tetap waspada
  • Sebelum masuk BNS Baca Sholawat, An-Naas, Al-Falaq dan Al-Fatihah
  • Dekap erat tas Anda. Resleting tas ditaruh di depan
  • Perbanyak sedekah. Karena sedekah itu bisa menolak bala dan kejahatan baik manusia dan jin
  • Bila sudah terlanjur menjadi korban. Mungkin Alloh sedang menguji Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Tetep tabah. Tetep sabar. Pasti ada hikmah dibalik tiap-tiap kejadian. Dan jika kita bersabar Alloh pasti menggantinya dengan sesuatu yang jauh lebih baik. Amiin

Epilog

Perjalanan pun berakhir. Ada yang langsung pulang ke Surabaya, Ada yang mampir terlebih dahulu ke Pasar Lawang. Alhamdulillah semuanya kembali dengan selamat J. What A Nice Trip!

Moral Value

Buka mata, hati dan fikiran

Maka Apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? karena Sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada (QS Al-Hajj [22] 46).

 

Seperti pada ayat pembuka diatas Alloh SWT memerintahkan manusia untuk berjalan di muka bumi, membuka mata, hati dan fikiran kita seluas-luasnya untuk mengambil pelajaran dan hikmah, mengagumi kebesaran-Nya sehingga bertambah pula iman kita

Dan pada penciptakan kamu dan pada binatang-binatang yang melata yang bertebaran terdapat tanda-tanda untuk kaum yang meyakini. (QS. Al Jaatsiyah (45) : 4)

 

Di Jatim Park 2 kita melihat berbagai macam satwa yang begitu beraneka ragam. Ada yang hidup di darat dengan kakinya, Ada yang hidup di air dengan siripnya dan ada yang terbang tinggi di angkasa dengan sayapnya.

Setiap makhluk hidup mempunyai sistem yang begitu unik dan rumit, tiada sama antara satu dengan yang lain. Mungkinkah semuanya hanya terjadi secara kebetulan?

Anda tahu menara Eiffel? Ya ternyata menara Eiffel dibangun dengan meniru struktur tulang paha manusia yang begitu kuat menahan tubuh. Apakah mungkin menara Eiffel begitu saja kebetulan berdiri?

Ada Grand Design. Design yang sempurna di alam mini. Semuanya begitu teratur, seimbang dan melalui perhitungan yang begitu akurat.

Guru saya pernah mengatakan bahwa langkah pertama untuk mengenalkan anak pada Tuhan-Nya adalah dengan terlebih dahulu mengenalkan mereka kepada ciptaan-ciptaan-NYa.

Sesungguhnya aku bertawakkal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. TIDAK ADA SUATU BINATANG MELATAPUN MELAINKAN ALLAH-LAH YANG MEMEGANG UBUN-UBUNNYA. Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus  (QS. 11 Huud:56)

Subhanallah. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang pandai mengambil pelajaran. Amiin. (AST)

Surabaya, 6 Mei 2011

Blog : www.genioinspira.blogspot.com

Twitter : @astu_MD