RSS

Category Archives: Wisata Hati – Yusuf Mansur

“Yakin” episode 6 by @yusuf_mansur

“Yakin” episode 6  by @yusuf_mansur

  • Berfikirlah positif tapi tetap sandarkan ke Allah SWT
  • Setiap saya menggelar acara sedekah saya terharu melihat ketulusan beberapa tukang ojek, tukang jual pisang goreng yang menyumbangkan sejumlah hartanya walaupun ada juga orang kaya yang menyedekahkan omzet nya. Misalkan jika ada yang laku hari ini maka keuntungannya akan saya sedekahkan. Lalu beneran ternyata laku semua. Kalo orang biasa bakal bilang “Nah Lho, Rasain” tapi kalau orang pinter bakal bilang “Kalo memang hari ini laku berarti yang beli itu Alloh”
  • Sebelum QS 2:261 Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. Alloh memprospek kita dengan 3 ayat sebelumnya yaitu Alloh berkuasa menerbitkan dan menenggelamkan matahari secara teratur (QS 2:258-259) dan juga Maha menghidupkan dan mematikan. Diilustrasikan saat Nabi Ibrahim as meminta Alloh memperlihatkan salah satu kekuasaan-Nya. Lalu ada seekor burung yang dicabik menjadi empat dan diletakkan terpisah lalu dengan tepukan atas izin Alloh potongan itu menyatu dan menjadi burung yang hidup (QS 2:260)
  • Ketiga ayat sebelumnya itu kekuasaan yang besar. Maka jika melipatgandakan nafkah di ajalan Alloh menjadi 700x lipat itu kontras dengan beberapa ayat sebelumnya, adalah hal yang sangat mudah bagi Alloh
  • Tidak ada doa yang tidak dikabulkan meski seluruh alam dari jaman nabi Adam as hingga sekarang berdoa maka tiada berkurang kekuasaan dan kemuliaan-Nya
  • Cara Alloh mengabulkan doa itu teka-teki
  • Kadang perlu proses dan kesabaran. Alloh sabar nunggu kita taubat, masa kita ga sebar mentang-mentang baru sekali sedekah?
  • Waktu itu saya punya mobil serena. Kalo buat ukuran ustadz itu udah wah. Nah serena ini jadi tampak kecil ketika anak saya Wirda sering dianterin temen saya naik Alphard. “Ayah. Ganti Alphard aja!” lalu saya jawab “Wirda tau cara ndapetinnya?” Wirda yang pada saat itu berumur 6 tahun menjawab dengan spontan “Disedekahin aja Yah serena nya!” dijuallah serena itu ada orang yang mau beli. Saya serahkan kembali ke orang itu untuk terserah kemana akan disedekahkan. Saat serena itu ada di belokan dan mulai menghilang. Saya berkata “Welcome my Alphard!” garasi udah kosong, kalo masih ada isinya gak akan dapet mobil baru!. Ini masalah keyakinan. Kalo nanya otak mah ga mungkin
  • Seminggu kemudian saya juga belum punya mobil lalu dating teman saya yang bawa Alphard. “Lho mobilnya kemana tadz?” Lalu saya jawab “Udah disedekahin” “Hmm ya udah niy Alphard buat ustadz aja!” “Oke, Jadi. saya gak lama-lama takut dia berubah pikiran hehe”
  • Besok kita akan membahas QS An Nahl

Summarized by Astu Anindya Jati

 
Leave a comment

Posted by on June 21, 2012 in Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

Tags: , ,

“Yakin” Episode 5 by @yusuf_mansur

“Yakin” Episode 5 by @yusuf_mansur

  • Ciptakan kemungkinan baru dan sandarkan kepada Alloh SWT sehingga segalanya menjadi mungkin dan terwujud
  • Jangan sandarkan pada otak yang terbatas. Sehingga transmit positif menjadi negative “Ga Mungkin!” “Ga Bakalan!” “Pasti Hancur!”
  • InsyaAlloh ada 1 titik cahaya terang yang makin lama makin melebar
  •  (yaitu Tuhan) Yang telah menciptakan aku, maka Dialah yang menunjuki aku,  (QS 26:78)
  • Ketika kita masuk ke dalam lembah yang gelap maka pertolongan Alloh ini sangat kita butuhkan. Saya pernah ngalamin juga yang namanya kegelapan pangkat4
  • Previous story : Kisah nenek dan cucu yang hamil : Waktu umroh ada nenek ketemu yusuf Mansur, cerita tentang cucunya yang sedang hamil. Dokter bilang kalo kehamilannya diteruskan ada 3 kemungkinan anaknya mati, ibunya mati atau keduanya mati.jadi sebaiknya digugurkan. Namun keluarga ini berharap ada kemungkinan ke 4 bahwa keduanya hidup.. dokter bilang menurut pengalaman itu sulit, hampir tidak mungkin. Keluarga ini selalu control sikap dan pikirannya ke Alloh ; sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku. Gimana lanjutannya? Tunggu besok
  • Next Story : Niy keluarga keyakinannya hebat. Setiap hari ibunya dan juga keluarganya Tahajjud, shalat dan doa dan akhirnya si bayi ini lahir. Tapi dokter bilang walaupun bisa lahir bayi ini besok akan wassalam. Tidak akan panjang umur. Toh setidaknya bayi ini sudah lahir. Masalah umur mah tergantung Alloh. kita tuh bukan nomor urut tapi nomor cabut. Yang dicabut ya meninggal
  • Ada sisa uang, Keluarganya sedekah 10 juta ke ustadz Aziz. Ibunya pulang, tapi si anak masih harus dirawat
  • Pada malam hari, si ibu datang dengan membawa botol susu. Kepada suster jaga ia bilang “Sus, saya mohon izin untuk ngasi susu” Si suster bilang “Udah bu ditaruh sini aja! Nanti biar kami yang memberikan” Eh taunya si ibu ini langsung nyelonong aja masuk dan ngasi susu ke bayi ini
  • Keesokan harinya si ibu ini datang lagi. Lalu suster jaga ini ngingetin “Bu lain kali jangan kayak gitu lagi, jangan asal nyelonong aja kan ada bayi orang lain juga. Takutnya terjadi apa-apa” lalu siy ibu ini menjawab. “Lho tadi malam saya gak kemana-mana. Saya di rumah aja”
  • Sejak di beri susu ini si anak kesehetannya makin baik dan makin baik. Subhanallah cucu saya ditolong Alloh melalui malaikat-Nya
  • QS 2:261 bahwa janji Alloh bahwa jika kita membri 1 maka akan menjadi 700x. itu seperti portofolio bank yang menawarkan investasi. Di setiap ceramah, saya selalu mem provokasi jamaah untuk sedekah. Tinggal gelar sajadah. Tapi suatu waktu saya tidak tega karena melihat jamaah yang sepertinya susah cari duit. Lalu diprotes “Kenapa Tadz” seperti chairil Anwar

 

Summarized by Astu Anindya Jati | @astu_MD

 
Leave a comment

Posted by on June 19, 2012 in Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

Tags: , ,

“Yakin” episode 4 by @yusuf_mansur

“Yakin” episode 4 by @yusuf_mansur

  • Shalawat 10x semoga kita mempunyai pikiran dan sikap the winner. Masing-masing dari kita mempunyai potensi untuk jadi the winner
  • Mudah-mudahan kita mempunyai keyakinan, tidak melihat ketidakmungkinan tapi selalu bersandar pada kekuasaan-Mu sementara diri penuh keterbatasa. Jadikan kami hamba yang tidak saja yakin namun juga berbuat amal shalih
  • Dukungan external kadang hilang, kita harus mempunyai dorongan dari dalam diri. Dukungan internal. Selalu katakana InsyaAlloh. Sertakan Alloh selalu agar bila kita sukses tidak menjadi sombong dan bila kita gagal tidak kecewa.
  • QS 26:51-68 Kisah Nabi Musa as. Nabi Ulul Azmi yang beserta umat bani Israil dikejar oleh pasukan Fir’aun. Salah seorang dari mereka (Bani Israil) begitu ketakutan bahwa mereka akan tersusul, Namun jenderalnya, Nabi Musa as. Mempunyai keyakinan yang begitu hebat. Musa menjawab: “Sekali-kali tidak akan tersusul; sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku.” (62) dan kemudian terbelahlah laut merah dan mereka semua selamat. Kecuali fir’aun dan bala tentaranya
  • Jangan bantingin semuanya kepada pikiran, pikiran tuh banyak ngacaunya. Bantingin semuanya ke Alloh karena Ia Maha Bijaksana.
  • Selalu ada kemungkinan-kemungkinan. Buruk, semakin buruk, baik dan semakin baik. Saya tidak mendukung Anda mempunyai keyakinan bahwa bila pikiran kita baik pasti akan baik jika tidak disandarkan pada Alloh.
  • Kisah rumah Kontrakan : Suami istri dan anak-anak besok harus bayar kontrakan bila tidak, ia akan diusir. Lalu istrinya bilang “Pak besok gimana?”. Suaminya menjawab. “Udah gak usah dipikirin, sekarang udah maghrib. Ayo kita ke masjid, ajak anak-anak” Saat diri kita melemah, jangan bilang ke istri atau diri kita “Ya Alloh niy kalo ga ada duit kita akan diusir” Jangan! Itu terlalu kecil. Tapi bilang “Mudah-mudahan Engkau bersedia ya menolong saya, Biar ga ada duit, tapi Engkau pasti ada!” Besoknya yang punya kontrakan nagih “Sudah ada duit?” “Belum ada” suaminya menjawab. “Gimana ya sebetulnya niy rumah sudah banyak yang nawar gini aja deh. Bapak beli aja niy rumah! Saya beri waktu  bulan ya!” sang suami kaget, bayar kontrakan aja susah malah disuruh beli. “Ya, Pak” Semua ketakutannya tidak terbukti. Dia tidak jadi diusir —-to be continued
  • Kisah nenek dan cucu yang hamil : Waktu umroh ada nenek ketemu yusuf Mansur, cerita tentang cucunya yang sedang hamil. Dokter bilang kalo kehamilannya diteruskan ada 3 kemungkinan anaknya mati, ibunya mati atau keduanya mati.jadi sebaiknya digugurkan. Namun keluarga ini berharap ada kemungkinan ke 4 bahwa keduanya hidup.. dokter bilang menurut pengalaman itu sulit, hampir tidak mungkin. Keluarga ini selalu control sikap dan pikirannya ke Alloh ; sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku. Gimana lanjutannya? Tunggu besok

Summarized by  Astu Anindya Jati

 
1 Comment

Posted by on June 19, 2012 in Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

Tags: , , ,

“Yakin” episode 3 by @Yusuf_mansur

“Yakin” episode 3 by @Yusuf_mansur

  • Kadang kita berfikir dimana biaya berobat tapi tidak berfikir bagaimana anak kita sembuh tanpa berobat
  • KIsah Jack Canfield yang sukses karena memiliki keyakinan
  • QS 2:261 Balasan 700x lipat  Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui
  • QS 2:257-260 Dialog Ibrahim dengan raja. Bahwa Alloh berkuasa menerbitkan matahari dari timur dan menenggelamkannya dari barat. Semua itu jauh lebih besar daripada balasan 700x lipat.
  • Kisah pengusaha 24T yang memiliki persewaan jet pribadi. Ke 180 orang ga ada yang percaya sama strategi bisnisnya tapi akhirnya ia jalankan sendiri. 2004 punya 4 jet, 2006 punya 14 jet
  • Kita punya Alloh, The creator of universe. Kalo ga yakin ya kita lebih kecil daripada yang beraliran LOA, NAM
  • Saya punya mimpi 2-10 tahun lagi seluruh masjid di Indonesia punya sound system yang bagus. Kalo bermimpi ya sekalian gedhe. Toh sama-sama ngayal nya.
  • QS 2:186 Perintah untuk memohon. Tidak usah dipikirin gimane caranya Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran
  • Kisah orang miskin yang berdoa bisa makan di restoran mahal beserta istri dan 7 anaknya

Summarized by Astu Anindya Jati

 
Leave a comment

Posted by on June 19, 2012 in Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

Tags: , ,

“Yakin” episode 2 by Ust. Yusuf Mansur

  • Salah satu yang menjadi kekhawatiran rasul adalah Dho’ful Iiman –berkurangnya keyakinan
  • Akhir-akhir ini banyak aliran NAM (New Age Movement), LOA (Law Of Attraction) dengan bermodal believe bisa mendapatkan yang ia inginkan. Jadi mereka mengirimkan sinyal ke semesta lalu semesta akan memberikan yang kita mau. In the beginning memang hebat
  • Tapi hati-hati, misalnya ada buku the secret ada kalimat pikiran anda adalah Tuhan Anda. Bisa musyrik karena kita bisa menuhankan diri sendiri, menuhankan pikiran kita, menuhankan alam semesta (universe)
  • Ada kisah tentang penulis yang memimpikan 100 rb dollar. Lalu ia do action. Menulis.
  • Supaya dapat 100rb dolar bukunya harus laku terjual 400 rb exemplar.
  • Pada suatu saat ia memandang majalah. Dengan oplah 400rb exemplar.Lalu ia berkata sendiri ke majalah itu “wah kalau saya berhasil diwawancara sama niy majalah pasti buku saya bisa laku 400rb exp”.
  • Dan benar, pada saat ia memberikan kuliah tentang bukunya di sebuah universitas, ada wartawan yang meminta untuk mewancarainya dan wartawan itu berasal dari majalah yang ia ingin diwawancara. Bukunya laku keras.
  • Keinginannya bertambah dari 100rb dolar (1M) menjadi 1 juta dolar (10M), modal dia cuman berfikir aja, lalu datang penerbit yang menuliskan cek tunai sebesar 1 juta dolar!
  • Lalu ia mengambil kesimpulan yang salah bahwa itu semua bersumber “hanya” dari pikirannya, tanpa ada campur tangan Tuhan
  • Keyakinan tanpa dibarengi iman, akan menghasilkan kesombongan.
  • Bagaimanapun, Finalnya harus Alloh
  • Diri sendiri itu tidak dapat mendatangkan kemudharatan. Banyak kisah-kisahorang yang mau bunuh diri, mau lompat sungai, ternyata airnya cethek, mau baring di rel ternyata ia lupa atau gak ada kereta lewat
  • Sedangkan kita sendiri sebagai umat muslim kadang tidak yakin bahwa shalat malam, shalawat dan ibadah-ibadah yang lain akan menghasilkan jalan keluar untuk mimpi-mipi kita. Yang katanya bid’ah lah dsb
  • Padahal kita punya Alloh, yang MahaKuasa. Dengan Kun Fayakun apapun yang dirasa tidak mungkin, bisa terjadi.
  • Kalian itu bisa lebih tinggi bila kalian percaya
  • Mudah-mudahan kita bisa menjadi quwwatul iiman, jadi selain melaksanakan ibadah, juga keyakinan kita tanpa batas, unlimited
  • Misalkan belum diberi bulan ke tujuh, mungkin bulan ke 8, ke9, ke 10, teruus tetap semangat dan yakin
  • Kisah seorang pengusahan dengan aset 40T bahwa pada awalnya ia mengajukan proposal strategi bisnis ke 180 orang gak ada yang percaya. Lalu akhirnya ada orang yang ke 181 dan ia percaya. Dan itu adalah dirinya sendiri
  • Ia jalankan sendiri bisnisnya. Sewa helikopter dan pesawat. Dan ia kemudian menyumbang pesantren sebesar 925 juta. Ia bilang “itu baru buntutnya tadz!”
  • Oleh yusuf Mansur 925jt ini ia bagikan ke fakir miskin, tidak segera dibuat bangunan pesantren dsb padahal sangat butuh. Dan Alhamdulillah justru harta itu makin berkembang dan Alloh beri PPPA seperti sekarang ini
  • Saya punya mimpi bisa punya uang 10T lalu saya kirimkan sinyal langsung ke Alloh, bukan ke diri sendiri, bukan ke Universe
  • Besok kita akan membahas 4T, 10T dan 40T

Summarized by Astu Anindya Jati

8 Juni 2012

 
Leave a comment

Posted by on June 8, 2012 in Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

Tags: , , , , , , , ,

“Yakin” episode 1 – Wisata Hati Yusuf Mansur 26 April 2012

  • Dalam Al-Qur’an memuat janji dan ancaman. Misalkan jika kita melakukan A maka kita akan mendapatkan B. Sebaliknya, bila kita tidak melakukan A maka kita tidak akan mendapatkan B
  • Nabi bersabda begini “Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat. Mereka menjawab: ya wahai rasululloh. Beliau berkata: menyempurnakan wudhu ketika masa sulit dan memperbanyak langkah kemasjid serta menunggu shalat satu ke shalat yang lain, karena hal itu adalah ribath (Mencurahkan diri dalam ketaatan)” (HR Muslim dan Al Tirmidzi)
  • Setiap langkah kita ke masjid untuk shalat berjamaah, maka Alloh akan menghapus 1 dosa kita dan menaikkan kita 1 derajat. Derajat misalkan dari ob menjadi karyawan, karyawan menjadi manajer, manajer menjadi direktur, direktur menjadi owner dan seterusnya
  • Caranya bagaimana? Bukan tugas kita untuk memikirkan caranya. Tugas kita ya jalanin aja!, Tugas kita mengimani .. Aaamanna.. Sami’na wa atho’na (saya mendengar dan saya taat). Yakin atas semua janji-Nya. Just Do It! Jangan terlalu banyak mikir! Biarkan Alloh yang jadi eksekutornya! Biarkan Alloh dengan cara-Nya menunaikan janji-Nya
  • Begitu juga dengan matematika sedekah. Misalkan anda menyedahkan 1, maka anda akan mendapatkan 10. Itu sudah janji Alloh
  • Perhatikan QS Al Isra 105-109 105. Dan Kami turunkan (Al Quran) itu dengan sebenar-benarnya dan Al Quran itu telah turun dengan (membawa) kebenaran. Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. 106. Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian. 107. Katakanlah: “Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al Quran dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud, 108. dan mereka berkata: “Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi.” 109. Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu’.
  • Al Qur’an itu diturunkan dengan Haqq..Alloh sendiri yang nurunin melalui rasul-Nya. Kita tidak boleh ragu lagi dengan janji-Nya!
  • Saya punya adek niy, karena adek sendiri jarang tuh liat abangnya di TV. Pada suatu saat saya ceramah di kantornya lalu menerangkan tentang matematika sedekah. Jika sedekah 1 maka Alloh akan membalas 10x. Saat pulang, Adek saya bertanya “bener tuh bang bakal dibales 10x?” “Yah elu kemana aje? Seluruh dunia udah ngamalin?” “Yah udah deh bang bulan depan, ane mau nyumbangin seluruh gaji ane!” “Eh. Elu kan adek abang. Jangan yang biasa-biasa aja dong. Coba sedekah 12 bulan! Jadi 7,1 juta x 12 = 84 juta” Adek saya mulai mikir lagi. “Udah ga usah dipikir!” Lalu dengan menjual asetnya, ia langsung sedekah 84 juta. Setelah 3-4 bulan, Alhamdulillah ia dipecat!
  • Ternyata ini adalah cara Alloh. Jadi perusahannya diakuisisi oleh perusahaan Qatar. Dia dipecat sebelum perusahaan ini diakuisisi. Seandainya ia tidak dipecat, maka gajinya ya sesuai dengan standar perusahaan itu. Tapi kali ini ia datang sebagai expert melamar sebagai expatriate Indonesia. Diterima dan gajinya menjadi 125 juta/bulan. Dibalas hampir 20x lipat!
  • InsyaAlloh akan kita lanjutkan bahasan kita tentang Yakin ini esok hari

Doa Penutup Majelis

 
Leave a comment

Posted by on June 2, 2012 in Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

20120130 wisata hati – Yusuf Mansur (Fadhilah Shalawat jilid 6)

  • Dengan bershalawat doa akan dikabulkan
  • Ada Tukang nasi uduk demen banget sama  rumah didepannya. Ia lalu bergumam “enak banget ya niy rumah bila menjadi miliknya”
  • Bedanya ibu ini sama kita . Ia langsung menyampaikan keinginnanya kepada Alloh. lalu ia berdoa lalu sambil bershalawat. “Ya Alloh Enak banget ya kalo rumah ini bisa jadi milik saya” lalu ditutup lagi dengan shalawat. Tiap hari dia lakukan. Apa yang terjadi? Seminggu lalu ada tulisan dijual.
  • QS Al Anfaal : 33
  • Shalawat adalah pengantar yang baik, pendorong yang baik untuk doa.Kalau hanya berdoa, bisa saja lambat naik ke langit. Komposisinya begini : shalawat – doa – shalawat. Shalawat yang pertama naik ke langit yang kedua akan mendorong lagi ke langit
  • Bila sudah memakai ilmu shalawat. Kita tidak lagi bergantung lagi dengan duit dan manusia karena kita sudah dapat mencapainya hajat kita dengan wasilah shalawat
  • Si ibu terus berdoa. Kemudian ada tulisan “DIJUAL” kemajuan niy .dikencengin lagi shalawat didalemin lagi shalawat. Alhamdulillah rumah ini akhirnya kebeli tapi sama orang lain. Waktu terus berjalan niy Doa sedang naik keatas
  • Bedanya lagi kita dengan ibu ini. Ibu ini tidak berhenti bershalawat walau keinginanya belum terkabul. Tidak kemudian putus harapan. Teruus shalawat
  • Kameramen invisible man senantiasa berjasa doain juga Alloh memberikan pahala kepada juga  Seluruh stake holder ANTV. Mudah-mudahan semuanya bisa dapet berkahnya shalawat dari seluruh pemirsa
  • Lanjutin cerita. Shalawat ini menjadi pakaian. Teruuus bershalawat. Rumah itu dijual kembali lalu dibeli orang lain. Yang beli anaknya dan gratis
  • Ada orang yang waktu kuliah ga ada ibadahnya lalu langsung ketrima kerja tapi ada yang ketetesan dari orangtuanya. Misalnya orangtua yang rajin ibadah ada yang berkahnya turun ke anak-anaknya. Anaknya kecipratan berkah
  • Pembeli yang keempat menikahi anaknya jadi deh dia pemilik rumah
  • Tips bila Istri anda cerewet. Pas istri anda tidur– ambil wudhu – pegang bibir lalu sholawatin. Emang harus gitu tadz? Yah Ini persoalan imajinasi dan visualisasi
  • Ada ayat lanjutan
  • Berpikir besar bertindak besar. Shalawat itu bisa Menahan azab Alloh yang mestinya turun menjadi tidak turun. Statement langsung dari Alloh. Wah enak orang jahat ga jadi kena azab. Enak makanya taubat. Tentu ayat ini tidak berlaku apabila sudah mencapai ajal. Hanya yang masih hidup yang bisa bershalawat
  • Azab kecil, besar ada yang sedang-sedang. Misal kontrak ga kebayar. Ngasi motor tapi gonceng sama yang bukan muhrim. Bawa triplek biar kalo ngerem ga kena
  • Pacaran? Bukan ga boleh tapi dilarang
  • Rumah Disita oleh Bank. Ini Azab kecil lalu kita ber-Muhasabah (Merenung). Iya ya Shalat ga lengkap. Kadang ga puasa. Bumperin aja dengan shalawat sambil taubat. Cuman Shalawat aja tadz? Hei kita Ngaji ga Cuma hari ini. Besok kita akan dalemin  soal ini
  • Shalawat itu give dan support kepada Nabi Muhammad. Lalu apa arti wa anta fihi InsyaAlloh kita akan lanjutkan besok
 
5 Comments

Posted by on February 6, 2012 in Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

Tags: , ,

Allah dulu, Allah lagi, Allah terus bagian 7 ~ kaitan dengan kesehatan (@yusuf_mansur – Wisata Hati ANTV)

 

  • Hari ini terakhir untuk tema Allah dulu, Allah lagi, Allah terus. InsyaAllah untuk hari senin kita membahas segitiga wisata hati
  • Waktu masih kecil anak saya wirda pernah step (kejang demam), sejak itu saya trauma begitu anak panas langsung ikhtiarnya bawa ke dokter. Pada suatu malam bener waktu itu panas, saya langsung bergegas siap-siap mau ke rumah sakit eh istri saya ngingetin “Bang Alloh dulu baru ke dokter” Subhanallah saya seperti diingetin. Lalu saya shalat 2 rakaat sambil bilang ke Alloh “Ya Alloh. niy saya berisiko” meski sebenernya enggak. Kan di rumah sakit juga mesti ngantri, pendaftaran, belum perjalanan kesana. Menunda sesuatu untuk sesuatu yang lebih besar
  • Udah siap. Istri saya tuh udah siap tentengan untuk sedekah. Sebelumnya dia udah nyiapain beras, sembako, minyak dll untuk disesekahin.
  • Nah pas di depan pintu saya ketemu Bang Azwar, orang betawi. “Ustadz mau kemane?” “Mau ke dokter niy si wirda panas” jawab saya. “Eh bentar-bentar tadz saya panggilin bini ane ya. Kemarin anak saya Helen juga panas”
  • Langkahh saya dihentikan pas di depan pintu. Lalu dating tuh Nyai Kiya. Istrinya bang azwar. Dia lalu bawa daun sama kapur untuk popolan (kompres) sambil disholawatin. eh Alhamdulillah paginya panasnya turun terus bisa main-main lagi. Wah gini niy kalo Alloh dulu InsyaAlloh ditunjukkan jalan yang lebih baik
  • Cerita lagi pas saya mau nikah. Waktu itu saya udah punya calon namanya maimunah. Niy istri sama anak saya di depan tv pasti ketawa ketiwi. Udah demen banget sama niy ngebet mau nikah besoknya mau nglamar. Tiba-tiba abang saya ngingetin “Eh udah nanya sama Alloh belum” waktu itu saya berontak lah buat apa nanya sama Alloh kan saya udah demen. Iya kalo setuju terus kalo Alloh ga setuju gimane?
  • Waktu itu saya shalat malam. Niatnya bukan untuk istikharoh tapi shalat malam biasa sebelum tidur. Terus baca Qur’an ada ayat yang bunyinya “Jika kamu beriman maka janganlah kamu mendahului Alloh dan rasul-Nya” wah ditegor nih ane
  • Lalu ane ambil agenda lalu Ane nulis “Ya Alloh niy maimunah baik enggak jadi bini ane?” lalu say a baca Al Fatihah , sujud minta petunjuk lalu saya membaca Al-Quran secara acak lalu menunjuk pada salah satu ayat. Bismillah.. ketemu QS Al Hijr : 71  Luth berkata: “Inilah puteri-puteriku (kawinlah dengan mereka), jika kamu hendak berbuat (secara yang halal).” Langsung saya tertawa terpingkal-pingkal. Alhamdulillah. Oke besok saya lamar
  • Saat saya lamar ternyata saya disuruh untuk pikir-pikir dulu. Waktu itu maimunah emang baru umur 14 tahun, masih SMP. Di malem sebelumnya dengan cara yang sama saya juga sempat bertanya-tanya mau nggak nih orangtuanye sama saya? Kira-kira bakalan diterima gak ya? Ternyata yang muncul juga QS Al-Hijr 72 (Allah berfirman): “Demi umurmu[807] (Muhammad), sesungguhnya mereka terombang-ambing di dalam kemabukan (kesesatan).” Artinya kemudian membuat saya bimbang
  • Nanya lagi sama Alloh saya tulis di Agenda “Ya Alloh niy saya masih punya hutang banyak. Apa nanti kalo saya menikah tidak membebani si Maimunah didatengin orang-orang yang mau nagih utang?” Ketemu QS Al-Hijr ayat 82 dan mereka memahat rumah-rumah dari gunung-gunung batu (yang didiami) dengan aman. Ya Alloh saya pingin nikah niy Ya Alloh saya bersujud dan menangis…
  • Selanjutnya akan saya teruskan pada hari Senin
  • Subhanakallahumma wabihamdik asyhadu Alla illa hailla anta astaghfiruka wa attubuilaih

Disusun oleh @astu_MD

 
Leave a comment

Posted by on January 21, 2012 in Inspirasi, Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

Tags: , , ,

Tawakal bagian 4 (Wisata hati – @yusuf_mansur) 10 Januari 2012

  • Seperti bintang dengan cahayanya yang bertingkat 10-0 (10 paling terang, dan 0 tanpa cahaya) begitu juga hidup. Saat jiwa kita masih murni maka cahayanya 10 lalu kita berbuat dosa terus menerus hingga lama kelamaan meredup. Sampai angka 3 misalnya kita menyesal dan bertaubat eh sama Alloh malah dikasi cobaan hartanya ludes, dituntut cerai sama istri finalnya dipenjara.. reduuplah hingga ia ke titik 0
  • Sampai disini ada rahasianya. Sebenarnya bila Alloh mencintai seseorang atau suatu kaum maka diberinya cobaan di dunia diberi susah diberi azab di dunia dengan tujuan memebersihkan semua dosa dan kesalahannya. Agar ia tidak diazab lagi di akhirat kelak
  • Bertaubatlah dengan sebenar-benarnya taubat :  Dan orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya (QS Al Furqoon (25) : 71)
  • Bilamana Allah mengasihi seseorang, maka Ia akan menyegerakan hukumannya
  • Kembali ke cerita tadi, sampai titik 0, bersih lagi, terusin riyadhah nya , dhuha, ngaji, tahajjud dsb 6 bulan ia keluar dari penjara, yang ia datengin orang tuanya. Ternyata orangtuanya sudah enggak marah, istrinya pun ga jadi nuntut cerai. Ia mulai bisnis bensin eceran, tambah gede, tambah gede sampai akhirnya punya 3 pom bensin. Kembalilah ia ke no 10 terang benderang dengan cahaya penuh keimanan
  • InsyaAlloh kita akan ketemu besok dengan tawakal bagian ke 5 : Doa Nabi Musa as
  • Tidak ada yang Alloh berikan kecuali itu yang terbaik untuk kita Bisa jadi kita membenci sesuatu padahal itu baik untuk kita, sebaliknya bisa jadi kita menyenangi sesuatu padahal itu buruk untuk kita
  • Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS At-Tahrim [66:8])

 

Disusun oleh @astu_MD

10 Januari 2012

 
Leave a comment

Posted by on January 10, 2012 in Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

Tawakal bagian 3 [Wisata Hati - @Yusuf Mansur] 9 Januari 2012

 

  • Katakanlah: “Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (takdir) Allah jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu?” Dan orang-orang munafik itu tidak memperoleh bagi mereka pelindung dan penolong selain Allah.  (QS Al Ahzab : 17)
  • Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurniaNya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS Yunus : 107)
  • Tidak ada yang bisa menghilangkan kesulitan selain-Nya
  • Tiada Tuhan selain Allah. Dia lah yang memberikan manfaat dan juga mudharat
  • Jangan bergantung kepada manusia. Bila ada kesulitan, kembalikan terlebih dahulu ke Alloh SWT.
  • Sebagai ilustrasi : seorang anak yang akan di DO bila besok tidak bayar SPP. Jangan terus mencari pinjaman ke pamannya. Tapi adukan terlebih dahulu ke Alloh SWT ke Masjid sama anaknya come to Him, Datanglah kepada-Nya di jalan Alloh. kerjakan shalat Dhuha. Tuhan Maha Mendengar dan Melihat. Biarkan Alloh yang mencarikan jalan keluar
  • Tawakal itu mestinya sejak awal. Pas mau buka toko, bismillah yang  penting usaha. Usaha itu ibadah dan ibadah itu mendatangkan rezeki
  • Rezki kita tuh bukan dari klien, bukan dari customer, tapi mutlak dari Alloh SWT
  • Kalau ada kesulitan mentokin aja. Biar tau cara Alloh menolong hamba-Nya
  • Sekian. Tetaplah sedekah, istighfar dan Sholawat
  • Besok kita akan melanjutkan pembahasan tentang tawakal dengan judul bintang

 

Disusun oleh : @astu_MD

9 Januari 2012

 
1 Comment

Posted by on January 9, 2012 in Wisata Hati - Yusuf Mansur

 

Tags: , , ,

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.